Bupati Resmikan Jalan Penghubung Tiga Kecamatan di Utara

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kedua dari kiri) bersama Kajari Kabupaten Sukabumi Bambang Yunianto memimpin prosesi gunting pita pada peresmian ruas jalan Babakanjaya-Bojonglongok.

Wartawan Aep Saepudin

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menekankan pentingnya infrastruktur perhubungan yakni jalan dan jembatan dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Kehadiran infrastruktur tersebut dapat memicu peningkatan indeks pendidikan, kesehatan, dan perekonomian masyarakat.

banner 970x90

Hal itu disampaikan bupati ketika meresmikan ruas jalan yang membentang dari Desa Babakanjaya di Kecamatan Parungkuda dan Desa Bojonglongok di Kecamatan Parakansalak dengan prosesi gunting pita di Kecamatan Bojonggenteng, Kamis (13/8/2020). Salah satu dampak positif dari kehadiran jalan, ujar bupati, adalah menurunnya angka kematian ibu dan anak.

“Berkat adanya jalan yang bagus, perjalanan menuju tempat persalinan bagi ibu yang akan melahirkan menjadi lancar. Secara langsung keberadaan jalan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata bupati. 

Panjang jalan yang diresmikan mencapai 6,4 kilometer. Ruas jalan ini melewati desa-desa Babakanjaya dan Kompa di Kecamatan Parungkuda, Desa Cibodas dan Cipanengah  di Kecamatan Bojonggenteng, dan Desa Bojonglongok di Kecamatan Parakansalak. 

Pada peresmian itu, bupati hadir bersama Kajari Kabupaten Sukabumi Bambang Yunianto dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi, Asep Japar. Rombongan bupati berangkat dari Lapang Sepak Bola Bojonggenteng untuk melihat dan memeriksa ruas jalan Babakanjaya – Bojonglongok.

“Kami mengimbau masyarakat untuk turut berperan serta dalam memelihara dan menjaga jalan yang sudah dibangun. Hal ini penting agar daya guna pakainya bisa lebih lama,” ujar bupati.

Seharusnya, kata dia, pada tahun ini sebagian besar pembangunan jalan di Kabupaten Sukabumi selesai dikerjakan. Namun karena adanya pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19, sebagian proyek pembangunan jalan dan jembatan ditunda.

Ruas jalan penghubung Babakanjaya –Bojonglongok, lanjut bupati, merupakan jalur yang strategis karena banyak potensi pertanian dengan tanah yang subur dan persediaan yang melimpah ruah. Potensi ini harus dikelola dengan baik yang didukung dengan ketersediaan infrastruktur jalan yang memadai.

Sementara itu Kadis PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar mengkatakan, pembangunan ruas jalan Babakanjaya-Bojonglongok diarahkan untuk meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat. Ruas jalan ini, ujar dia, dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan di desa dan kecamatan.

Peresmian jalan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat. Arya Suhada (35) warga Bojonggenteng mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sukabumi atas dibangunnya ruas jalan tersebut. Asalnya ruas jalan Babakanjaya –Bojonglongok seperti sungai kering pada musim kemarau dan kubangan berlumpur pada musim hujan.

“Jalan ini pernah dikeraskan, tapi hancur lagi. Sekarang menjadi mulus. Alhamdulillah, Pak Bupati memperhatikan kebutuhan masyarakat di sini dengan membangun jaland ari Desa Babakanjaya sampai Desa Bojonglongok,” ujar Arya.

Pada acara gunting pita itu, bupati membagikan santunan berupa 60 paket sembako kepada anak yatim dan orang jompo. Bupati juga memberikan motivasi kepada anak-anak sekolah dengan kuis untuk menyanyikan Hymne Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email