Satu Balita Masuk PDP, Satu Pasien Positif Dinyatakan Sembuh

oleh -
Perkembangan termutakhir kasus Covid-19 di Kota Sukabumi pada Sabtu, 13 Juni 2020.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Perkembangan terakhir Covid-19 di Kota Sukabumi ditandai dengan munculnya PDP (Pasien dalam Pengawasan) dari kalangan balita. Anak yang dikenai status PDP ini berdomisili di Kecamatan Cikole. Kini dia dirawat di RSUD R. Syamsudin. Balita berumur dua tahun tersebut mengalami berbagai gejala gangguan kesehatan berupa batuk, pilek, dan bronkopneumonia.

banner 970x90

“Berdasarkan hasil diagnosa dokter, balita itu dimasukkan ke dalam PDP,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi, dr. Wahyu Handriana kepada wartawan, Sabtu (13/6/2020).

Dengan adanya balita yang masuk PDP, jumlah PDP di Kota Sukabumi menjadi 45 orang, kemarin 44 orang. Jumlah pasien yang masih dalam pengawasan yang asalnya nihil menjadi 1 orang. Di sisi lain, jumlah PDP yang selesai pengawasan menjadi 44 orang atau 97,78 persen dari seluruh kasus PDP.

Bersamaan dengan itu, jumlah pasien tekonfirmasi positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh juga bertambah 1 orang. Berdasarkan data terkini, jumlah pasien yang masih dalam perawatan tinggal 9 orang.  

Dengan demikian pasien sembuh menjadi 54 orang atau 85,71 persen dari seluruh pasien tekonfirmasi positif Covid-19 yang mencapai 63 orang. Jumlah pasien terkonfirmasi positif ini sudah 5 hari belakangan ini tidak bertambah.

“Pasien yang sembuh ini terkait dengan kluster Covid-19, dia laki-laki dewasa,” jelas Wahyu.

Pertambahan satu orang juga terjadi pada ODP (Orang dalam Pemantauan). Kemarin jumlah ODP 281 orang, hari ini menjadi 282 orang. Dari 282 ODP tersebut, sebanyak 276 orang atau 97,87 persen dinyatakan telah selesai pemantauan, sisanya sebanyak 6 orang atau 2,13 persen masih dalam pemantauan. (*)

Print Friendly, PDF & Email