Staf Ahli Wantannas Berkunjung ke Pendopo Palabuhanratu

oleh -
Laksamana Muda (Laksda) TNI Manahan Simorangkir, SE., M.Sc. (keempat dari kiri) yang memimpin rombongan kunjungan kerja Wantannas ke Pendopo Palabuhanratu diterima oleh Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono (kelima dari kiri) bersama pejabat daerah.

Wartawan USEP MULYANA (Kowasi)

Staf Ahli Sosial Budaya Setjen Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) RI, Laksamana Muda (Laksda) TNI Manahan Simorangkir, SE., M.Sc. memimpin rombongan kunjungan kerja ke Pemda Kabupaten Sukabumi, Rabu (13/3/2019). Rombongan Wantannas diterima oleh tuan rumah Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono di Pendopo Palabuhanratu.

Selaku pimpinan rombongan, Manahan menjelaskan tujuan dari kunjungan yang dilakukannya. Jauh-jauh datang dari Jakarta menggunakan jalur darat, tim dari Wantannas ingin memperoleh data dan informasi seputar  penanganan dan penanggulangan bencana di Kabupaten Sukabumi.

“Data dan informasi penanggulangan bencana di daerah sangat penting untuk menyusun kebijakan nasional dalam rangka mengurangi risiko bencana alam. Mudah-mudahan kami juga bisa memberikan masukan atau informasi penting mengenai teknis penanganan bencana yang efektif,” kata perwira tinggi TNI Angkatan Laut berbintang dua di pundaknya itu.

Menyambut tujuan kedatangan rombongan Watannnas, Wabup Adjo menyampaikan, pada awal tahun 2019, Kabupaten Sukabumi dilanda bencana longsor yang menimbulkan korban jiwa, harta, dan lingkungan alam. Tepatnya di Kampung Garehong, Kedusunan Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Bencana tersebut, jelas wabup, menelan korban jiwa sebanyak 33, luka-luka puluhan orang, dan puluhan rumah tertimbun tanah longsor. Penanganan bencana di Cisolok itu dapat berjalan dengan baik dan lancar berkat sinergitas aparatur di daerah seperti BPBD, TNI, Polri, dan masyarakat.

“Alhamdulillah penanganan tanggap darurat dapat dilakukan secara baik karena adanya kebersamaan dan kekompakan aparatur lintas sektor,” tuturnya.

Tidak lupa Adjo juga mengapresiasi kunjungan Wantannas ke Kabupaten Sukabumi. Dia mengharapkan Wantannas dapat memberikan masukan, arahan, atau bahkan pelatihan mitigasi bencana bagi aparatur daerah di Kabupaten Sukabumi. 

Pada kesempatan itu Wabup Sukabumi memberikan cenderamata kepada ketua rombongan. Di tempat penerimaan rombongan kunker tampak hadir Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Sukabumi, Asep Suherman; Dandim 0622, Letkol Inf. Haris Sukarman; unsur Polri; unsur TNI; Danposal Angkatan Laut (AL) Palabuhanratu; dan pejabat lainnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email