Pengaspalan Jalan Desa di Lembursawah Dibiayai Banprov 2019

oleh -
Bentangan jalan yang mulus berlapiskan aspal di Desa Lemburswah tidak lama lagi dapat dinikmati oleh masyarakat setempat.

Wartawan Nanang Setiana

Pembangunan jalan desa di Desa Lembursawah, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi dalam bentuk pengaspalan hotmix dibiayai dana Bantuan Pemerintah Provinsi (Banprov) Jawa Barat tahun 2019. Dengan dana tersebut, desa tersebut bisa membuat proyek pengaspalan di dua kampung yakni Kampung Talajung RT 03 RW 02 dan Kampung Genteng RT 07 RW 06.

“Pembangunan jalan di Kampung Talajung dan Kampung Genteng masih dalam proses. Dalam beberapa hari ke depan, pelaksana dapat menyelesaikan pembangunan jalan tersebut sehingga masyarakat dapat menggunakan dan menikmatinya,” kata Kepala Desa Lembursawah, Hj. Eti Rumiati, S.Pd. ketika dihubungi wartawan, Selasa (12/11/2019).

Proyek pengaspalan jalan desa itu menghabiskan dana sebesar Rp99.538.000. Pengerjaannya secara swakelola yang melibatkan masyarakat setempat. Volume pekerjaan berdasarkan RAB yang telah disepakati provinsi untuk ruas jalan di Kampung sepanjang 275 meter dengan lebar 2,5 meter dan di Kampung Genteng dengan panjang 150 meter dengan lebar 2,5 meter.

“Kami yakin hasil dari proyek ini bisa menunjang peningkatan perekonomian masyarakat dan kegiatan warga, terutama para petani, pedagang, anak sekolah, dan para karyawan yang sering menggunakan jalan desa dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,” ujar Eti.

Pembangunan jalan desa di Desa Lemburswah dilaksanakan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat.

Kades Lembursawah mengajak masyarakat untuk mendukung dan memberikan kontribusi pada semua program dan kegiatan yang dibiayai banprov dan sumber dana yang lainnya. Keterlibatan masyarakat, kata dia, sangat diperlukan agar pelaksanaan proyek dapat berjalan dengan lancar dan hasilnya sesuai dengan harapan masyarakat.

Salah seorang warga Desa Lembursawah yang mewakili warga dua kampung, Heri (43 tahun) menyambut proyek peningkatan jalan di lingkungan tempat tinggalnya. Dia mengapresiasi Pemdes Lembursawah yang telah menggunakan banprov untuk memperbaiki jalan desa.

“Pembangunan jalan desa ini sangat membantu kami dalam meningkatkan kegiatan di bidang ekonomi, pertanian, dan sosial. Wajar jika kami berterima kasih kepada provinsi dan jajaran pemerintahan di Desa Lembursawah,” ujar dia.

Atas nama warga, Heri juga mengucapkan terima kasih kepada Pemdes Lembursawah, Pemkab Sukabumi, dan Pemerintah Pusat yang telah menyalurkan dan menggunakan Dana Desa (DD) untuk pembangunan fisik yang manfaatnya dapat dinikmati langsung oleh masyarakat. (*)

Print Friendly, PDF & Email