Berkat Banprov, Desa Seuseupan Mengaspal Jalan dan Beli HP Baru

oleh -
Pengaspalan Jalan Anugrah sepanjang 500 meter di Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi yang dibiayai oleh dana Banprov Jawa Barat Tahun 2019.

Wartawan Usep Mulyana

Berkat adanya dana Bantuan Pemerintah Provinsi (Banprov) Jawa Barat tahun 2019, Desa Seuseupan bisa melakukan tiga kegiatan penting sekaligus. Desa yang terletak di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi ini  dapat melaksanakan pengaspalan jalan desa,  pemberian insentif bagi perangkat desa, dan pembelian alat komunikasi berupa HP untuk menunjang komunikasi dengan warga.

“Sebagian besar dana banprov itu digunakan untuk membiayai proyek pengaspalan jalan desa. Sisanya untuk dana intensif perangkat desa dan alat komunikasi untuk menunjang program sapa warga,” kata Kepala Desa Seuseupan,  Endang Maulana kepada wartawan, Selasa (12/11/2019).

Besaran dana banprov yang diterima Desa Seuseupan mencapai Rp127.288.000. Dana tersebut digunakan untuk mengaspal jalan desa di Jalan Anugrah RW 07 sebesar Rp94.688.000 dengan panjang 500 meter. Lalu untuk intensif perangkat desa sebesar Rp15 juta serta pembelian handphone dan pulsa untuk 10 orang ketua RW dan seorang admin sebesar Rp17,6 juta. Totalnya pas Rp127.288.000.

“Silakan dihitung, jumlahnya pas, tidak kurang, tidak lebih,” tutur Endang.  

Pengaspalan Jalan Anugrah merupakan aspirasi arus bawah yang termasuk ke dalam rencana strategis desa, ujar dia. Kegiatan ini diprioritaskan karena keberadaan jalan yang mulus dapat memberikan manfaat yang besar bagi warga.

“Kalau jalannya bagus,  lalu lintas barang dan orang juga pasti akan lancar. Dampaknya tingkat ekonomi dan kesejahtraan warga  akan ikut merangkak naik,” kata dia.

Terkait pembagian handphone bagi ketua RW dan admin, Endang menerangkan, tujuannya untuk mempercepat komunikasi dan arus informasi yang berkaitan dengan pelayanan publik. Dengan kepemilikan HP oleh para ketua RW, masyarakat akan memperoleh informasi yang akurat dari narasumber yang dapat dipercaya. 

“Dalam program sapa warga, ketua RW akan menyampaikan informasi yang dibutuhkan warga dengan alat komunikasi yang dirancang secara khusus dan operasional programnya dikendalikan oleh seorang admin terlatih,” jelas Endang. (*)

Print Friendly, PDF & Email