Talagamurni Siap Mencetak Wirausahawan Tangguh Bidang Perbengkelan

oleh -
Pembukaan pelatihan perbengkelan di Desa Talaganurni, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. Dari kiri ke kanan Feri Irawan (TKS Pendamping), Sutimin (utusan anggota DPR RI, dr. Ribka Tjiptaning), Juanda (Pjs. Kepala Desa Talagamurni), Dadang Tapiana (Kasi Perluasan Tenaga Kerja), dan paling kanan, Ade Sasmita (panitia penyelenggara).

Wartawan Usep Mulyana

Pemdes Talagamurni, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi memiliki kesempatan untuk mencetak para wirausahawan tangguh di bidang perbengkelan. Peluang ini didapat setelah Pemdes Talagamurni menjadi tempat penyelenggaraan pelatihan wirausahawan baru yang difasilitasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi.

banner 970x90

“Kami dari Pemerintah Desa Talagamurni menyambut dengan suka cita adanya peluang ini.  Mudah-mudahan dengan pelatihan ini dari desa kami lahir para pelaku usaha perbengkelan yang produktif dan sanggup bersaing secara sehat,” kata Pjs. Kepala Desa Talagamurni Juanda setelah pembukaan pelatihan tenaga kerja mandiri (TKM), Kamis (12/9/2019)

Pelatihan wirausahawan baru berlangsung selama  3 hari hingga Sabtu (14/9/2019) mendatang. Jumlah pesertanya 20 orang yang kebanyakan berasal dari kalangan pelaku usaha perbengkelan. Juanda mengharapkan para pelaku usaha perbengkelan dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang ilmu permesinan melalui pelatihan tersebut.

Sementara itu Kepala Seksi Perluasan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Dadang Tapiana menjelaskan,  kegiatan pembekalan ini memuat 3 pilar penting yaitu menciptakan usahawan baru, mendorong pemberdayaan masyarakat, serta menciptakan dan memperluas lapangan kerja.

“Kami akan memberikan materi-materi pelatihan yang berkaitan dengan kegiatan usaha yang telah dirintis sebelumnya. Ke depan, mereka harus membuka cabang usaha di tempat lain,” kata Dadang.

Para peserta yang mengikuti kursus singkat tersebut akan berbagi ilmu dengan warga lainnya dalam mengembangkan bakat dan keterampilannya untuk masuk bursa kerja yang sesungguhnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email