Perbaikan Lampu PJU Menunggu Pengadaan Komponen

oleh -
Seorang petugas Seksi PJU Dishub Kota Sukabumi memperbaiki komponen lampu PJU yang rusak.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Perbaikan lampu PJU (penerangan jalan umum) masih mengalami hambatan karena menunggu komponen yang pengadaannya tertunda. Sampai sekarang Seksi PJU pada Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi belum memiliki persediaan komponen PJU setelah anggarannya digeser untuk program penanganan Covid-19.

banner 970x90

“Pengadaan komponen lampu PJU itu dibiayai oleh APBD. Tahun ini proses pengadaan tersebut mengalami hambatan karena adanya wabah Covid-19. Sampai sekarang belum ada kejelasan mengenai kelanjutan pengadaan komponen lampu PJU tersebut,” kata Kepala Seksi PJU Dishub Kota Sukabumi, Hikmat Azhari kepada wartawan, Jumat (12/6/2020).

Pada sistem lampu PJU, ujar Hikmat, banyak komponennya. Ada lampu, sekring, pembatas daya, kabel, dan juga tiang. Komponen-komponen tersebut sering mengalami gangguan atau kerusakan. Karena itu Seksi PJU selalu menyediakan komponen-komponen tersebut yang pengadaannya melalui tender terbuka.

Tiap tahun pengadaan komponen PJU selalu lancar. Seksi PJU selalu memiliki persediaan komponen. Jadi ketika ada laporan dari masyarakat terkait gangguan pada PJU, petugas dapat langsung menanganinya.

“Untuk tahun ini, pengadaan komponen lampu PJU tertunda. Padahal pada tender tersebut telah ada pemenanganya. Tapi dananya direalokasi untuk penanganan Covid-19,” jelasnya.

Selama ini banyak laporan dan pengaduan dari masyarakat yang masuk melalui Aplikasi Super, media sosial, atau langsung ke kantor kami. Sementara laporan-laporan tersebut diinventarisir sambil menunggu tersedianya komponen lampu PJU.

Hikmat pun minta pengertian dari masyarakat terkait penundaan perbaikan lampu PJU. Dia berjanji, kalau komponennya telah siap, lampu PJU yang rusak akan segera ditangani. (*)

Print Friendly, PDF & Email