Wabup Apresiasi Pelatihan HIPKI yang Membentuk Naker Siap Kerja

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono bersama para peserta pendidikan three in one tenaga kerja siap pakai yang peresmiannya dilaksanakan di Aula Yayasan Al-Masthuriyah.

Wartawan USEP MULYANA (Kowasi)

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono mengapresiasi pendidikan oleh Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI) yang membentuk ratusan tenaga kerja (naker) siap pakai. Menurut wabup, kegiatan pendidikan seperti itu bisa menyerap tenaga kerja dan menciptakan iklim investasi yang sehat di Kabupaten Sukabumi. 

Apresiasi wabup itu disampaikan saat meresmikan pendidikan berpola three in one

untuk membentuk tenaga kerja (naker) siap pakai bertempat di Aula Yayasan Al-Masthuriyah,  Cibolang, Kecamatan Cisaat, Selasa (12/3/2019).

Pendidikan tersebut, kata wabup, sangat berguna dan komplit karena memberikan para peserta tiga paket dalam satu kegiatan yakni pelatihan, sertifikasi kompetensi, dan penempatan kerja ke industri garmen.

“Sertifikasi kompetensi penting bagi pencari kerja ketika melamar pekerjaan karena ini merupakan jaminan keahlian. Selain  itu sertifikasi tersebut menunjukkan bahwa yang bersangkutan memiliki daya saing dalam menjawab tantangan di pasar bebas ASEAN,” ujar Adjo.

Pada pembukaan pelatihan itu, Wabup Sukabumi menyerahkan bantuan ATK untuk para peserta pendidikan.

Sementara itu Ketua DPD HIPKI Jabar sekaligus Ketua Panitia, H. Budi Raharjo menerangkan, berbekal hasil pendidikan three in one, para peserta akan disalurkan langsung ke industri garmen. 

“Jadi nantinya semua peserta akan disalurkan langsung ke dunia kerja yaitu industri garmen yang ada di Sukabumi,” kata Budi ketika ditemui di tengah kesibukan penyelenggaraan pendidikan three in one.

Jumlah peserta pendidikan mencapai 325 orang. Para peserta merupakan lulusan SMA, SMK, MA, dan Paket C. Mereka mengikuti pendidikan selama 7 jam perhari sepanjang 20 hari. Dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut, kata Budi, HIPKI bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian RI. Di tempat peresmian pendidikan tampak hadir para pejabat terkait antara lain Kepala Perindustrian ESDM Kabupaten Sukabumi, Aam Amar Halim; Kasat Pol PP, Acep Saeffudin; Camat Cisaat; Ketua DPP HIPKI; dan perwakilan dari Disnakertrans. (*) -fon�#� l

Print Friendly, PDF & Email