Pesta Rakyat Hari Jadi ke-105, Panitia Libatkan KPU dan Bawaslu

oleh -
Andri Setiawan

Wartawan HENDRI TIAS

Karena waktunya mendekati hari pemungutan suara 17 April 2019, peringatan Hari Jadi ke-105 Kota Sukabumi akan melibatkan KPU dan Bawaslu setempat. Pada beberapa kegiatan, KPU dan Bawaslu diberi kesempatan untuk mensosialisasikan tahapan Pemilu 2019.

banner 970x90

“Peringatan Hari Jadi ke-105 Kota Sukabumi akan dibagi dalam dua bagian, yakni satu minggu sebelum Pemilu dan satu minggu sesudah Pemilu,” kata Asisten Sekda Kota Sukabumi Bidang Pemerintahan H. Andri Setiawan selaku Ketua Panitia Peringatan Tahun Hari Jadi ke-105 Kota Sukabumi kepada wartawan, Selasa (12/3/2019).

Berkaitan dengan hal itu, peringatan Hari Jadi Kota Sukabumi tahun 2019 bmengambil tema ‘Sukseskan Pemilu Serentak Tahun 2019 untuk Kota Sukabumi yang religius, nyaman, dan sejahtera’. Pada bagian peringatan sebelum 17 April 2019, KPU dan Bawaslu Kota Sukabumi mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk menyampaikan ajakan mensukseskan Pemilu serentak.

Selain itu peringatan Hari Jadi Kota Sukabumi 2019 akan dimeriahkan dengan pesta rakyat yang menampilkan budaya bermuatan kearifan lokal. Pesta rakyat tersebut rencananya akan digelar di Lapang Merdeka Kota Sukabumi.

Pada pesta tersebut, panitia akan mempersembahkan pertunjukan kesenian tradisional seperti wayang golek dan bazar kuliner yang diikuti pelaku UMKM penghasil aneka jenis makanan khas Sukabumi. 

Pesta rakyat, jelas Andri, akan dikoordinasikan oleh Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata) Kota Sukabumi. Panitia mengharapkan pesta rakyat Hari Jadi itu benar-benar dapat dinikmati dan menghibur masyarakat.

“Sedangkan untuk Helaran atau Karnaval Seni Budaya, khusus untuk tahun 2019  tidak diselenggarakan se-Jawa Barat, tapi khusus untuk tingkat Kota Sukabumi. Pesertanya seluruh SKPD, rombongan kecamatan, dan perusahaan swasta. Pada tahun-tahun sebelumnya acara Helaran diikuti oleh kontingen seni budaya dari berbagai daerah,” jelas Andri. Jajaran panitia, ujar Andri, akan berupaya semaksimal mungkin untuk mensukseskan peringatan Hari Jadi ke-105 Kota Sukabumi  dan dapat berjalan dengan baik serta lancar sesuai dengan harapan semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. (*)

Print Friendly, PDF & Email