Kecamatan Kalapanunggal Gelar Musrenbang 2021

oleh -
Camat Kalapanunggal Arif Solihin menyampaikan pokok-pokok bahasan pada forum Musrenbang tingkat kecamatan.

Wartawan Joko Samudro

Kantor Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) untuk penetapan daftar usulan prioritas kegiatan tahun 2021. Musrenbang yang dipimpin Camat Kalapanunggal, Arif Solihin itu diselenggarakan di aula serba guna Balai Desa Palasari Girang, Kecamatan Kalapanunggal, Rabu (12/2/2020).

banner 720x90

Pada musyawarah itu, para peserta membahas program-program dan berbagai kegiatan yang akan dimasukkan ke dalan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2021. Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Dengan Semangat Musrenbang Kita Wujudkan Pemerintah yang Barokah, Bersih, dan Amanah’.

“Musrenbang tingkat kecamatan ini dapat dijadikan media interaktif  oleh para stakeholder untuk menetapkan program pembangunan prioritas di Kecamatan Kalapanunggal. Ini merupakan komitmen kita bersama untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkualitas, efektif, efesien, transparan, dan akuntabel,” kata camat.

Di tempat musyawarah tampak hadir para peserta dari kalangan Muspika Kalapanunggal, kepala desa, perwakilan dari Bappeda dan DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kabupaten Sukabumi, serta para pemangku kepentingan di Kecamatan Kalapanunggal.

Para peserta Musrenbang Kecamatan Kalapanunggal.

Arif Solihin juga menyampaikan sejumlah program dan kegiatan prioritas usulan untuk dilaksnakan pada tahun anggaran 2021. Usulan tersebut mencakup kegiatan pembanguanan di berbagai sektor antara lain infrastruktur berupa jalan penghubung antar desa, pengembangan sektor pariwisata, pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, dan pengembangan sumber daya manusia. 

“Dalam pelaksanaannya, Musrenbang ini harus ada keterlibatan masyarakat. Sebab konsep Musrenbang adalah musyawarah atau partisipatif dan dialogis” tuturnya.

Berdasarkan prinsip tersebut, kata dia, semua aspirasi masyarakat harus difasilitasi yang selanjutnya disepakati atau diputuskan bersama. Dari Musrenbang tingkat kecamatan itu akan diperoleh keputusan untuk dibawa ke Musrenbang di tingkat kabupaten. (*)

Print Friendly, PDF & Email