Dinas Pertanian Ajari Poktan Teknik Budi Daya Jeruk Lemon

oleh -
Suasana penyuluhan budi daya jeruk lemon oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi yang diikuti para pengurus dan anggota kelompok tani.

Wartawan Denny Nurman

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi menggelar penyuluhan tenknik budi daya jeruk lemon bagi para petani bertempat di aula Gedung Yasti Cisaat, Rabu (12/2/2020). Pada kegiatan itu tampak hadir para pengurus dan anggota kelompok tani (Poktan) dari berbagai kecamatan dan perwakilan dari perusahaan minuman sari buah dalam kemasan.

banner 970x90

Salah satu narasumber pada penyuluhan itu adalah  Kepala Seksi Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Deni Ruslan. Dalam sambutannya, Deni mengatakan, bermatapencaharian dari sektor pertanian memiliki prospek dan peluang yang bagus sebagai sumber penghasilan keluarga.

“Keberadaan petani menunjang pembangunan ekonomi di daerah. Dinas Pertanian selalu siap untuk memenuhi kebutuhan petani, terutama dari sisi pemberdayaan dan kapasitas para petani,” kata Deni.

Pada penyuluhan itu, para petani diberi ilmu seputar budidaya jeruk lemon yang baik dan benar mulai pemilihan bibit, penanaman, pemupukan, penanggulangan hama dan penyakit tanaman, hingga panen dan pengelolahan pasca panen.

Sementara perwakilan dari PT. Sari Buah Lestari Sejahtera, Robby Dinul hadir di tempat penyuluhan selaku mitra dari para petani jeruk lemon. Perusahaan yang memproduksi minuman sari buah dalam kemasan itu merupakan mitra yang akan membeli jeruk lemon yang dihasilkan petani.

Salah satu peserta penyuluhan, Cecep dari Poktan Gandaresmi, Desa Karawang Kecamatan Sukabumi menyatakan harapan ke depannya para petani jeruk lemon bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya. Apalagi para petani lemon memiliki mitra dari kalangan pengusaha yakni PT Sari Buah Lestari Sejahtera.

“Mudah-mudahan pihak perusahaan bisa membantu para petani dalam pemasaran hasil panen jeruk lemon,” tuturnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email