Bupati Pastikan Progres Pembangunan Bandara

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan arahan pada ekspos proyek strategis di Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengumpulkan sejumlah kepala perangkat daerah untuk mengikuti ekspos kepastian pembangunan proyek strategis  bertempat di Pendopo Sukabumi, Senin (11/11/2019). Di antara proyek yang diekspos adalah pembangunan bandara, baik yang di Cikembar maupun Citarate.

Ekspos disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) Kabupaten Sukabumi, Teti Twofri Saptiati. Pada kegiatan ekspos itu, Teti membawa serta para staf dan jajarannya yang mengetahui perkembangan proyek-proyek strategis di Kabupaten Sukabumi dilihat dari segi tata ruang dan ketersediaan tanah.

“Audiensi ini dalam rangka ekspos terkait dengan progres beberapa proyek strategis yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi,” kata Teti di tengah ekspos tersebut.

Pembangunan bandara di Cikembar sampai saat ini belum ada kepastian tentang jadwal pelaksanaannya. Tahapan yang sedang dilaksanakan baru sampai pembebasan lahan. Pemkab Sukabumi belum memperoleh informasi yang pasti dari pusat terkait dimulainya pembuatan konstruksi bandara.

Selain bandara, proyek lain yang dibahas antara lain  pembangunan jalan interkoneksi utara melalui Nagrak sampai Sukalarang yang merupakan jalur wisata dan pembangunan TPA bersama/regional. Di samping itu, pembahasan juga mengarah pada pencarian informasi tentang pemenuhan sarana prasarana untuk kawasan industri dan progres penyelesaian peta tematik sektor.

“Fokus agenda ke depan tentang integrasi pertanahan dan penataan ruang untuk percepatan terwujudnya kebijakan satu peta, neraca penatagunaan tanah, dan konsolidasi tanah,” ujar Teti.

Pembahasan juga menyangkut kawasan koridor utara yang didorong untuk menjadi kawasan perkotaan sebagai dampak dari kegiatan industri. Ekspos tentang hal ini juga diarahkan untuk antisipasi dibukanya jalan tol. 

Dalam arahannya, bupati menerangkan, perkembangan pembangunan di wilayah utara cukup pesat. Dengan adanya jalur tol, ujar bupati, kawasan utara akan maju dan bertambah ramai yang pada ujungnya menunjang kemajuan ekonomi di wilayah tersebut.

“Hasil dari perencanaan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang harus dipersiapkan secara matang dan dapat memberikan dampak manfaat jangka panjang untuk menghadapi program pemerintah pusat maupun provinsi,” kata bupati.

Para kepala perangkat daerah yang hadir pada kegiatan ekspos tersebut antara lain Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pertanian, Kasat Pol PP, Kepala DPMTPSP, Kepala Dinas Perkim, Kepala Bagian Hukum Setda, dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda. (*)

Print Friendly, PDF & Email