Camat Anwari Ikut Membuat Jalan Baru Caringin-Kadudampit

oleh -
Camat Caringin, Anwari (kedua dari kiri, berbaju merah) ikut bergotong royong dalam kegiatan pembangunan jalan baru yang menghubungkan Desa Sukamulya dengan wilayah Kecamatan Kadudampit.

Wartawan Usep Mulyana

Camat Caringin, Anwari ikut terjun di tengah warga yang sedang mengerjakan proyek pembangunan jalan akses baru antara Caringin-Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jumat (11/10/2019). Pada kegiatan itu, Anwari bergotong royong bersama puluhan warga Desa Sukamulya, Kecamatan Caringin.

banner 970x90

Warga tampak bergembira karena mereka bakal memiliki akses jalan dengan menembus perbukitan dari wilayah Desa Sukamulya ke wilayah Kadudampit. Kehadiran jalan baru tersebut dapat membuka isolasi perkampungan yang terletak antara Desa Sukamulya dan wilayah Kadudampit.

Saat mengambil rehat di tengah gotong royong, Camat Anwari mengatakan, kegiatan yang diikutinya menunjukkan kekompakan warga masih tetap terpelihara. Menurut dia, warga tidak bisa menunda-nunda lagi pembangunan jalan tembus ke Kadudampit. Keinginan masyarakat Sukamulya untuk mewujudkan jalan tersebut sangat kuat.

“Seperti kata peribahasa, di mana ada kemauan di situ pasti ada jalan. Jika dilakukan secara sungguh-sungguh, jalan tembus antara Sukamulya-Kadudampit adalah sebuah keniscayaan untuk terwujud,” ujar Anwari.

Semua komponen masyarakat tumpah ruah di lokasi pembangunan jalan tersebut. Juga tampak hadir unsur Pemeritah Desa Sukamulya, mulai penjabat kepala desa, perangkat desa, ketua RW, hingga para ketua RT.

“Inilah contoh desa yang masih tetap menjaga tradisi gotong royong. Semua bergerak demi tercapainya tujuan bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, Pjs Kepala Desa Sukamulya, Ade Setiawan menuturkan, kegiatan ini merupakan agenda lama yang baru bisa direalisasikan saat ini. Rencananya sudah lama, tapi baru bisa terealisasi pada masa Camat Anwari. 

Kepala Seksi Sosial Budaya  (Sosbud) Kecamatan Caringin, Solihin menambahkan, keberadaan jalan tembus yang dibangun warga itu diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi warga di dua kecamatan.

“Dengan adanya jalan ini paling tidak dapat mengurangi biaya transportasi untuk perjalanan di dua wilayah tersebut. Secara tidak langsung dapat meningkatkan penghasilan ekonomi keluarga,” ujar Solihin. (*)

Print Friendly, PDF & Email