Dedi Cikembang, Balon Pertama yang Maju ke Pilkades Caringin Wetan

oleh -
Balon Kades Caringin Wetan, Dedi Suhendar (kanan) menyerahkan berkas pendaftaran yang diterima langsung Ketua Panitia Pilkades Ece Hedisetiana (baju putih, pakai bendo).

Wartawan Usep Mulyana

Tokoh masyarakat yang pernah menjabat Kepala Dusun (Kadus) Cikembang, Dedi Suhendar tampil sebagai bakal calon (balon) pertama yang mendaftarkan diri ke panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Caringin Wetan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. Sampai Rabu (11/9/2019), baru nama Dedi yang terdaftar pada buku balon milik panitia Pilkades Caringin Wetan.

banner 970x90

Dedi telah menyerahkan semua berkas syarat yang diminta panitia. Sementara ini, segala berkas dari Dedi langsung diterima dan belum dilakukan pemeriksaan yang mendalam. Dedi menyerahkan berkas langsung kepada Ketua Panitia Pilkades Caringin Wetan, Ece Hedisetiana.

“Pendaftaran dibuka hari Senin lalu. Baru satu orang yang mendaftarkan diri. Biasanya calon-calon yang lain mendaftarkan pada pertengahan atau akhir masa pendaftaran,” kata Sekretaris Panitia Pilkades Caringin Wetan, Yudi Gunawan ketika ditemui wartawan di Aula Desa Caringin Wetan,  Rabu (11/9/2019).

Masih banyak waktu, ujar Yudi, pendaftaran untuk balon kades dibuka sampai dengan 19 September. Para bakal calon masih mempunyai waktu sekitar satu minggu untuk meningkatkan kesiapan mental dan syarat-syarat.

“Untuk mengikuti Pilkades ini harus siap lahir dan batin. Jadi ada waktu bagi para calon untuk mempersiapkan hal itu,” ujar Yudi.

Sementara itu Ece Hedisetiana selaku ketua panitia menambahkan, untuk menjadi peserta Pilkades, para balon harus lulus sejumlah pemeriksaan dan tes. Tugas panitia di tingkat desa hanya memeriksa kelengkapan persyaratan administrasi para balon, sementara untuk uji kompetensi,  tes kesehatan, dan uji narkoba dilakukan oleh instansi yang berwenang.

“Setelah lulus semua itu, barulah para calon bisa memperoleh nomor urut sebagai peserta Pilkades,” kata Ece.

Jika muncul keberatan dari para calon terkait jumlah daftar pemilih sementara (DPS), panitia akan segera memperbaikinya, tambah Ece. Pemutakhiran data pemilih mulai dilakukan pada tanggal 2 September 2019 dengan status DPS dan berakhir tanggal 23 Oktober 2019.  

Sementara Dedi Suhendar menyatakan keyakinannya bisa lolos menjadi calon kades. Bahkan dia optimis dapat terpilih menjadi kades. Dedi memiliki basis dukungan yang luas di masyarakat, termasuk kelompok generasi milenial. Karenanya dia yakin dapat naik kelas dari kadus menjadi kades di  Caringin Wetan untuk periode 2019-2025. (*)

Print Friendly, PDF & Email