Mendekati Zona Hijau, Bupati akan Berupaya Tanggulangi Persoalan Ekonomi

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami bersama jajaran Muspida mengikuti pertemuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 se-Jawa Barat secara virtual dengan agenda pokok arahan dari Presiden RI.

Wartawan Aep Saepudin

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami akan terus berupaya untuk menanggulangi problem ekonomi masyarakat mendekati status zona hijau Covid-19. Salah satu langkah yang diambilnya adalah memprioritaskan pembangunan pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.

banner 970x90

Pernyataan bupati itu disampaikan setelah mengikuti arahan Presiden RI Joko Widodo dalam pertemuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 se-Jawa Barat melalui video conference, Selasa (11/8/2020). Pada kegiatan itu, Marwan mengambil posisi di Aula Setda Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu. 

“Pemanfaatan dan penggalian potensi pertanian menjadi prioritas untuk menunjang program ketahanan pangan guna mengantisipasi terjadinya penurunan daya beli masyarakat,” ujar Marwan.

Dengan memberikan prioritas pada sektor pertanian, ujar bupati, masyarakat dapat memiliki cadangan pangan ketika daya beli beli mereka menurun. Masyarakat masih bisa memenuhi kebutuhan pangannya, bahkan bisa menjual hasil pertanian ke daerah lain.

“Kita masih bisa mengirimkan hasil tanaman pangan ke kota-kota lain. Banyak daerah yang mendapat kiriman pangan dari Sukabumi,” ujar dia.

Penguatan struktur ekonomi di daerah, lanjut bupati, harus dilakukan secara optimal supaya masyarakat tidak terdampak lebih jauh oleh wabah Covid-19. Kabupaten Sukabumi telah memilih sektor pertanian sebagai sasaran penguatan ekonomi masyarakat yang diprioritaskan.

“Bapak Presiden juga mengharapkan kondisi wilayah di Jawa Barat bisa mendekati zona hijau dan daerah bisa menanggulangi persoalan ekonomi kemasyarakatan,” ujar Marwan.

Selain itu, kata bupati, Presiden RI meminta daerah untuk terus mensosialisasikan wajib bermasker dan melaksanakan physical distancing serta menghindari kerumunan orang. 

Di aula setda tampak hadir jajaran Muspida Kabupaten Sukabumi antara lain Dandim 0622 Letkol Arm Suyikno, S.Sos. dan Kapolres Sukabumi AKBP M. Lukman Syarif.

Pada pertemuan secara virtual itu, Gubernur Jawa Barat HM. Ridwan Kamil melaporkan perkembangan penyebaran Covid-19 di Jawa Barat selama bulan Agustus 2020. Gugus tugas Covid-19 Jabar telah melaksanakan test PCR sebanyak 175.260. Untuk zona risiko, sebanyak 14 kabupaten/kota masuk zona sedang dan 13 daerah berisiko rendah. (*)

Print Friendly, PDF & Email