Disperkim Sosialisasikan Program Bantuan untuk RTLH di Desa Batununggal

oleh -
Kepala Seksi Rumah Swadaya dan Rumah Khusus pada Bidang Perumahan Disperkim Kabupaten Sukabumi, Dani Iswanto.

Wartawan Aep Saepudin

Tim Teknis Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi menggelar sosialisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) dari APBN 2020 untuk bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Batununggal, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Selasa (11/8/2020).

banner 970x90

Sosialisasi disampaikan oleh Kepala Seksi Rumah Swadaya dan Rumah Khusus pada Bidang Perumahan Disperkim Kabupaten Sukabumi, Dani Iswanto. Dia hadir di Desa Batununggal bersama Kabid Perumahan Dadang Irwan. Tahun ini, kata Dani, Kecamatan Cibadak mendapat alokasi bantuan untuk 67 unit RTLH di 3 desa dan 1 kelurahan.

“Untuk tahun ini alokasi bantuan DAK RTLH di Kabupaten Sukabumi hanya di Kecamatan Cibadak. Targetnya bulan November sudah tuntas. Pengerjaannya dibagi dua tahap yaitu 50 persen bulan Juli sampai Agustus yang berakhir di bulan September dan tahap kedua bulan September sampai akhir bulan November,” jelas Dani.

Desa-desa yang menerima bantuan terdiri dari Batununggal (mendapat alokasi 19 unit),  Karangtengah (17 unit), Pamuruyan (16 unit), dan Kelurahan Cibadak (15 unit). Setiap KPM (keluarga penerima manfaat) akan menerima bantuan dana yang besarnya Rp17.5 juta dengan rincian Rp15 juta untuk belanja material dan Rp2,5 juta untuk upah pekerja dan biaya lainnya. Sumber dananya dari Kementerian PUPR.

“Mudah-mudahan bantuan untuk RTLH ini bisa bermanfaat bagi penerima bantuan,” tutur Dani.

Jumlah RTLH di Kecamatan Cibadak, lanjut dia, cukup banyak. Di beberapa tempat masih ada lokasi yang masuk kawasan kumuh.  Untuk perencanaan selanjutnya, kata Dani, program renovasi RTLH masih difokuskan pada kawasan kumuh di beberapa kecamatan antara lain Cibadak dan Palabuhanratu.

Sosialisasi bantuan RTLH dihadiri 19 KPM asal Desa Batununggal. Selanjutnya Disperkim akan menggelar sosialisasi di Desa Pamuruyan, Desa Karangtengah, dan Kelurahan Cibadak.  

Saat ditemui di tempat kegiatan, Kepala Desa Batununggal, Dudung Iskandar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Sukabumi yang telah membantu penyaluran dana bantuan DAK untuk renovasi RTLH. Dia mengharapkan para KPM bisa mendapatkan manfaat dari program renovasi RTLH tersebut.

“Kami akan mendorong agar dana bantuan yang diterima KPM dapat dipergunakan sebagaimana mestinya sesuai aturan dari pemerintah,” ujar Dudung. (*)

Print Friendly, PDF & Email