Poktan Kancil Prioritaskan Kesejahteraan Anggota

oleh -
Bentangan irigasi yang sedang dibangun di areal pesawahan milik anggota Poktan Kancil di Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Jajat Sudrajat

Kelompok Tani (Poktan) Kancil di Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan,  Kabupaten Sukabumi menitikberatkan program kerjanya pada peningkatan kesejahteraan para anggota. Salah satu program untuk mewujudkan kesejahteraan tersebut adalah pembangunan irigasi yang dapat mengalirkan air ke sawah-sawah milik anggota Poktan Kancil.  

banner 970x90

Tahun ini Poktan Kancil mendapat bantuan proyek berupa pembangunan jaringan irigasi desa (Jides) dari pemda melalui Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi. Saluran irigasi yang dibangun memiliki panjang 120 meter dengan anggaran sebesar Rp98.470.000.

“Nantinya kalau sudah selesai, saluran irigasi ini dapat menjaga ketersediaan  air agar area persawahan yang ada di wilayah kami selalu mendapatkan pasokan air yang cukup,” kata Ketua Poktan Kancil, Herdi saat ditemui wartawan di lokasi kegiatan pembangunan, Jumat (10/7/2020). 

Herdi optimis, setelah ada Jides, hasil panen dari sawah milik anggota Poktan Kancil dapat meningkat dari 3-4 ton menjadi 6-7 ton perhektare. Peningkatan kuantitas panen ini dipicu oleh ketersediaan air ke areal pesawahan milik anggota.  

“Musim panen itu ada waktunya. Sedangkan kebutuhan makan, minum, biaya sekolah anak, dan bayar listrik itu tidak bisa ditunda-tunda. Makanya kami harus meningkatkan produktivitas untuk menambah pendapatan,” tutur Herdi.

Pekerjaan pembangunan irigasi tersebut dilaksanakan oleh CV Putra Raja dengan jangka waktu 45 hari kalender. Mandor proyek bernama  Pondok mengatakan, CV Putra Raja selalu mengedepankan kualitas pekerjaan dan kejujuran.

“Amanat  ini akan kami jalankan dengan sebaik-baiknya. Hasil pekerjaan yang baik akan memperpanjang umur bangunan irigasi,” kata Pondok. (*)  

Proyek pembangunan jaringan irigasi desa untuk menjamim pasokan air ke pesawahan di Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi.

Print Friendly, PDF & Email