Pemdes Tonjong Salurkan BLT Dana Desa Tahap II

oleh -
Kepala Desa Tonjong, Herman Jaya Kusuma secara simbolis menyerahkan bansos BLT DD kepada salah seorang penerima disaksikan Babinsa setempat.

Wartawan M. Ridwan

Ratusan keluarga di Desa Tonjong, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi menerima bantuan sosial (bansos) dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap II. Mereka berasal dari keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak wabah Covid-19.

banner 970x90

Penyerahan BLT DD tahap II itu dilaksanakan di Balai Desa Tonjong, Jumat (10/7/2020). Kegiatan tersebut mendapat pendampingan dan monitoring dari Sapol PP Kecamatan Palabuhanratu, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas Desa Tonjong.

“Bantuan ini untuk meringankan beban warga di desa kami yang mengalami kesulitan hidup akibat wabah Covid-19,” kata Kepala Desa Tonjong, Herman Jaya Kusuma di tengah kesibukan pembagian BLT DD tahap II.

Jumlah penerima BLT tersebut mencapai 153 KPM. Sebagian dari penerima bantuan berasal dari para perantau yang menjalankan usaha pedagang kecil seperti berjualan cilok, goreng-gorengan, dan roti. Sejak Covid-19 mewabah, mereka tidak bisa menjalankan usahanya.

“Karena itu mereka terdaftar sebagai penerima bantuan dari BLT Dana Desa,” ujar Herman.   

Salah seorang penerima bantuan Enis yang tinggal di RT 04 RW 05 Kampung Tonjong, Desa Tonjong tampak menitikkan air mata setelah menerima BLT DD. Selama terjadi wabah Covid-19, suaminya di perantauan yang bekerja sebagai pedagang keliling di luar Pulau Jawa tidak dapat mengirimkan uang karena bisnisnya gulung tikar.

“Bantuan ini dapat meringankan beban hidup keluarganya. Sementara waktu kami bisa bernapas dan menyambung hidup. Sebentara lagi banyak pengeluaran untuk anak-anak yang masuk tahun ajaran baru,” tutur Enis. (*)

Print Friendly, PDF & Email