FPYD Cijengkol Rutin Santuni Anak Yatim

oleh -
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri menyerahkan bantuan kepada Rafi Akbar, penderita Hidrosefalus pada kegiatan pembagian santunan untuk anak yatim di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin.

Wartawan Aep Saepudin  

Forum Peduli Yatim Desa (FPYD) di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi secara rutin membagikan santunan kepada kalangan anak yatim yang tinggal di desa tersebut. Materi yang diberikan pada pemberian santunan bisa berupa uang tunai atau barang yang dibutuhkan anak yatim.

banner 970x90

Pada pembagian santunan tahap ke-3, FPYD Cijengkol membagikan seragam sekolah, uang saku, dan sembako dari Bupati Sukabumi. Pembagian santunan  ke-3 dilaksanakan di vila salah seorang warga, Jumat (10/7/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Thendy Hendrayana. Santunan diberikan kepada 55 anak yatim.

Pada kesempatan itu Sekda Iyos juga menyerahkan bantuan uang sebesar Rp5 juta dari Relawan Peduli Rafi Akbar kepada Rafi Akbar yang mengidap penyakit Hidrosefalus. Rafi tinggal di Kampung Tugu, Desa Cijengkol.

“Pembagian santunan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh FPYD Cijengkol sebagai bentuk kepedulian terhadap anak yatim dan masa depannya,” kata Kepala Desa Cijengkol Haer Suhermansyah di sela kegiatan pemberian santunan.

Santunan berasal dari para donatur yang menyisihkan sebagian rezekinya melalui kotak amal yang disebar ke berbagai kampung di Desa Cijengkol. Dengan dana dari kotak amal itu, FPYD Desa Cijengkol dapat menyelenggarakan pembagian santunan secara tetap.

“Kegiatan ini merupakan bakti sosial yang ketiga yang diselenggarakan oleh FPYD,” ujar Haer.

Sekda mengapresiasi bakti sosial yang digelar oleh FPYD Cijengkol tersebut. Kegiatan itu, kata dia, harus ditiru oleh desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Iyos juga mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan menjelang pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Dalam hal ini, sekda mengingatkan masyarakat untuk selalu mencuci tangan, menjaga jarak ketika berada di tengah kumpulan orang banyak, dan selalu mengenakan masker.

Sebelumnya Sekda dan Kepala DPMD Kabupaten Sukabumi mengunjungi  Balai Desa Cijengkol yang sedang dibangun dengan biaya dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Kedua pejabat juga melihat pengoperasian SIPELEM sebagai inovasi pelayanan digital di kantor desa yang tidak direnovasi. (*)

Print Friendly, PDF & Email