HUT ke-57, Yon Armed 13 Sumbangkan 50 Kantung Darah

oleh -
Para prajurit TNI, Polri, Satpol PP, pegawai Dishub Kabupaten Sukabumi, dan sejumlah ASN ikut menyumbangkan darah pada aksi sosial di Aula Yon Armed 13/Nanggala di Cikembar.

Wartawan Usep Mulyana

Rangkaian HUT ke-57, Batalyon Artileri Medan (Yon Armed) 13/2/1/Nanggala Kostrad menggelar berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan, salah satunya donor darah. Pada kegiatan donor darah, batalyon yang merupakan satuan bantuan tempur tersebut berhasil mengumpulkan 50 labu darah yang diserahkan langsung kepada PMI Kabupaten Sukabumi.

banner 970x90

Bakti sosial donor darah dilaksanakan atas perintah Danyon Armed13/Nanggala,  Mayor Arm Micha Arruan kepada panitia HUT ke-57 satuan tersebut. Kegiatan dilaksanakan di Aula Nanggala Yon Armed 13, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Rabu (10/7/2019).

Para dermawan yang ikut serta pada donor darah itu berasal dari kalangan prajurit Yon Armed 13, prajurit TNI dari satuan lain,  Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi, Persatuan Istri Prajurit (Persit), ASN di lingkungan Pemkab Sukabumi, dan masyarakat yang tinggal di sekitar markas dan asrama Yon Armed 13.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI untuk mendukung  penyedian darah yang selalu dibutuhkan oleh pasien di rumah sakit,” kata Mayor Micha.

Mendonorkan darah, ujar dia, merupakan perbuatan mulia yang mengandung amal kebaikan. Setetes darah yang disumbangkan sangat berarti bagi kelangsungan hidup seseorang yang sangat membutuhkan darah, kata Danyon Armed 13/Nanggala.

Dikatakannya, selain untuk membantu sesama manusia, donor darah juga dapat memberikan manfaat bagi pendonor karena bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan donor darah, kesehatan pendonor dapat meningkat.

“Darah yang kami sumbangkan ini akan disalurkan kepada para pasien yang membutuhkan darah di rumah sakit oleh PMI Kabupaten Sukabumi,” kata Mayor Micha.

Sebelum diambil darahnya, para peserta donor darah menjalani pemeriksaan tensi dan kesehatan darah. Para petugas dari PMI mengambil sampel darah dari para dermawan yang ikhlas menyumbangkan darahnya.

HUT Yon Armed 13/Nanggala diperingati setiap tanggal 7 Juli. Satuan ini lahir dan dibentuk berdasarkan telegram dari Danpussenart No : T-839/18/06/1962 TWP 2306800 pada tanggal 7 Juli 1962.

Pada masa kelahirannya, Yon Armed 13 ditempatkan di bawah Brigade Artileri 1/Caduad yang berkedudukan di Pusdik Armed, Cimahi. Pasukan Yon Armed 13 langsung diterjunkan pada Operasi Trikora dalam rangka Pembebasan Irian Barat.

Sekarang satuan ini berada di bawah pengendalian Resimen Artileri Medan 2 yang bermarkas di Purwakarta.  (*)

Print Friendly, PDF & Email