PKBM Al-Hidayah Sagaranten Sertakan 30 Siswanya pada UNBK Paket B

oleh -
Para siswa PKBM Al-Hidayah Sagaranten dengan tekun dan serius mengerjakan soal-soal UNBK di bawah pengawasan yang ketat dari tim pengawas.

Wartawan Ijus Agus Suhandi

PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Al-Hidayah Sgaranten, Kabupaten Sukabumi mengikutsertakan 30 siswanya pada UNBK (ujian nasional berbasis komputer) Paket B. Kepala PKBM Al-Hidayah, Asep Sutiawan, S.H., M.Si. mengatakan, para peserta didik di lembaga pendidikan yang dipimpinnya telah memenuhi syarat untuk mengikuti UNBK Paket B atau setara SMP.

banner 970x90

“Para peserta didik kami di kelompok Paket B telah memenuhi syarat untuk mengikuti UNBK yang diselenggarakan oleh pemerintah,” kata Asep ketika ditemui pada hari kedua di lokasi UNBK di SMKN Sagaranten, Sabtu (11/5/2019).

Jumlah peserta didik dari PKBM Al-Hidayah yang mengikuti UNBK tersebut mencapai 30 orang. Semuanya, kata Asep, memiliki kompetensi dan kemampuan mengoperasikan aplikasi UNBK untuk mengerjakan soal dan mengirimkan jawabannya melalui internet.

“Para peserta UNBK Paket B telah kami bekali pengetahuan komputer dan materi pelajaran yang diujikan dengan memadai. Mereka mengikuti kegiatan belajar dengan sungguh-sungguh sehingga bisa menyerap materi pelajaran dengan baik,” kata Asep.

Karena itu, Asep optimis semua peserta UNBK Paket B dari PKBM Al-Hidayah dapat meraih prestasi gemilang pada ujian tingkat nasional tersebut. Dengan kata lain, para peserta didik Al-Hidayah itu bisa lulus dengan nilai bagus. Berdasarkan pengamatan terhadap para siswanya, Asep menilai mereka memenuhi kompetensi untuk memegang ijazah Paket B.

Hari kedua UNBK Paket B diisi dengan materi ujian untuk mata pelajaran matematika dan IPS. Sebelumnya pada hari pertama, para peserta mengikuti ujian untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Kewarganegaraan. Pada hari terakhir, Minggu (12/5/2019), mata pelajaran yang diujikan Bahasa Inggris dan IPA.

Sebelumnya, ujar Asep, PKBM Al-Hidayah mengikutsertakan 57 orang pada UNBK Paket C setara SMA yang diselenggarakan pada pertengahan bulan April lalu. Pelaksanaan UNBK Paket C tersebut berjalan lancar dan sukses. Para peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal ujian.

“Tingkat kesadaran masyarakat untuk mengikuti pendidikan semakin meningkat. Alhamdulillah, kami turut berpartisipasi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tersebut,” tutur dia.

PKBM Al-Hidayah memiliki kampus sendiri yang terletak di Jalan Baros Km 2 Sagaranten. Selain itu, PKBM ini memiliki tenaga-tenaga tutor yang berpengalaman dalam mengajarkan mata pelajaran kepada para peserta didik.

“Lancarnya pelaksanaan UNBK ini tidak terlepas adanya dukungan dari berbagai kalangan. Khusus SMKN Sagaranten telah  menyediakan fasilitas dan tempat. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kepala dan keluarga besar SMKN Sagaranten,” ungkap Asep. (*)

Print Friendly, PDF & Email