RPJMD 2018-2023 Segera Dikirimkan ke Gedung Sate untuk Minta Persetujuan Gubernur

oleh -
Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman membubuhkan tanda tangan pada berita acara penetapan RPJMD 2018-2023 disaksikan Wali Kota H. Achmad Fahmi (kiri) dan Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi.

Wartawan YUS F. PURWASARI (PWI)

Pemkot Sukabumi dan DPRD Kota Sukabumi menyepakati Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023. Kesepakatan itu tercapai pada rapat paripurna DPRD Kota Sukabumi di Gedung DPRD setempat, Jalan Ir. H. Juanda, Senin (11/3/2019).  

Pada rapat paripurna tersebut hadir Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi didampingi Wakil Ketua DPRD, Kamal Suherman, dan Anggota Dewan. Pihak eksekutif diwakili Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi.

Setelah mengikuti rapat paripurna, wali kota mengatakan,  kedudukan RPJMD sangat penting dan strategis untuk menentukan arah pembangunan di daerah. RPJMD juga dapat dijadikan pedoman untuk mengukur kinerja seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Kami menyepakati rancangan akhir RPJMD 2018-2023 setelah melewati berbagai tahapan dan pembahasan. Rancangan akhir ini akan dikirim ke Gedung Sate untuk dimintakan persetujuan dari gubernur. Nanti setelah disetujui gubernur, rancangan ini akan diparipurnakan untuk disahkan menjadi dokumen,” kata Fahmi.

RPJMD, ujar dia, merupakan dokumen politik terkait janji-janji wali kota dan wakil wali kota yang disampaikan pada masa kampanye. Dokumen ini harus dijadikan acuan oleh seluruh SKPD. Salah satu poin penting yang dicantumkan pada RPJMD adalah program pembangunan sport centre di tiap-tiap kelurahan.

Sementara itu Yunus Suhandi menjelaskan, pengesahan RPJMD telah melewati berbagai tahapan seperti laporan panitia pansus kepada Pimpinan DPRD. Rapat paripurna pengesahan RPJMD memenuhi kuorum 2/3 jumlah anggota, ujar Yunus. RPJMD ini ibarat buku pintar bagi wali kota dalam bekerja selama lima tahun ke depan.

“Tinggal SKPD lebih intens lagi di dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya agar sejalan dengan RPJMD. Kami sebagai wakil rakyat akan selalu mengawasi pelaksanaan program pembangunan. Karena itu sinergitas pemda dan DPRD harus terus ditingkatkan,” ujar Yunus. (*)

Print Friendly, PDF & Email