PN Cibadak Canangkan Zona Integritas

oleh -
Ketua Pengadilan Negeri Cibadak, Acice Sendong, S.H., M.H. menandatangani ikrar zona integritas di lembaga yang dipimpinnya. Tampak hadir Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono dan unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi.

Wartawan USEP MULYANA (Kowasi)

Pengadilan Negeri (PN) Cibadak, Kabupaten Sukabumi bertekad untuk menerapkan zona integritas di lingkungan kerjanya. Pencanganan zona integritas tersebut dilaksanakan di Gedung PN Cibadak, Jalan Jajaway Palabuhanratu, Senin (11/3/20190.

Pada pencanangan zona integritas PN Cibadak itu tampak hadir antara lain Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono; Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Mansurudin; Kasdim 0622 Kabupaten Sukabumi; Perwakilan dari Polres Sukabumi; Perwakilan Kejari Kabupaten Sukabumi; Ketua Pengadilan Agama; dan Kabag Hukum Setda Kabupaten Sukabumi. 

Ketua PN Cibadak, Acice Sendong, S.H., M.H. mengatakan, pencanangan pembangunan zona integritas merupakan wujud komitmen lembaga yang dipimpinnya untuk menjalankan amanat Permen PAN RB No. 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Kami terus berusaha untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat untuk menekan potensi terjadinya praktik pelanggaran aturan dalam pelayanan. Untuk itu, PN Cibadak telah menerapkan pelayanan terpadu satu pintu guna mengurangi intensitas pertemuan pihak berperkara dalam pemberian layanan,” ujar Acice.

Untuk mensukseskan pelaksanaan zona integritas, ujarnya, PN Cibadak membutuhkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat. Acice pun mengapresiasi kehadiran Forkopimda Kabupaten Sukabumi untuk membangun komitmen bersama demi terwujudnya pelayanan pengadilan yang prima.

Sementara itu Wabup Sukabumi, H. Adjo Sardjono menjelaskan,  zona integritas diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan zona integritas menuju WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi. Zona integritas fokus pada pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Menurut Adjo, PN Cibadak sebagai lembaga yudikatif yang mewakili Mahkamah Agung telah melakukan reformasi birokrasi dengan capaian kinerja dan prestasi yang sangat baik dan memuaskan. PN Cibadak berhasil menjalankan fungsi peradilan pada tingkat pertama di wilayah administrasi Kabupaten Sukabumi.  

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Sukabumi memberikan dukungan kepada Pengadilan Negeri Cibadak agar menjadi lembaga peradilan yang bersih dan terbebas dari tindakan yang koruptif, kolutif, dan nepotisme,’ ujar wabup. (*)

Print Friendly, PDF & Email