Tugas Pimpinan Sementara Selesai, 8 Fraksi Terbentuk

oleh -
Pimpinan Sementara DPRD Kota Sukabumi, Momi Soraya dan Jona Arizona ketika memimpin rapat paripurna dengan agenda pembentukan fraksi-fraksi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Tugas pimpinan sementara DPRD Kota Sukabumi selesai dengan terbentuknya delapan fraksi di lingkungan lembaga legislatif tersebut. Pimpinan sementara yang menjalankan tugasnya sejak 2 September 2019  menunaikan kewajiban terakhir pada rapat paripurna dengan agenda pembentukan fraksi-fraksi di lingkungan DPRD Kota Sukabumi.

banner 970x90

“Dengan penetapan fraksi-fraksi ini, tugas kami sebagai pimpinan sementara sudah selesai. Kami telah menyelesaikan semua tugas yang harus dijalankan,” kata Ketua Sementara Ketua DPRD Kota Sukabumi, Momi Soraya setelah memimpin rapat paripurna pembentukan fraksi-fraksi, Rabu (9/10/2019) malam.

Pada rapat tersebut, Momi didampingi Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Sukabumi, Jona Arizona. Momi dan Jona menjadi Pimpinan Sementara dengan simbol serah terima palu sidang dari Ketua DPRD Kota Sukabumi periode 2014-2019, Yunus Suhandi kepada Momi setelah pengambilan sumpah jabatan 35 anggota DPRD Kota Sukabumi masa jabatan 2019-2024.  

Selama menjadi pimpinan sementara, Momi dan Jona berhasil menuntaskan beberapa agenda penting seperti pembentukan AKD (Alat Kelengkapan Dewan), penetapan pimpinan definitif, dan terakhir pembentukan fraksi-fraksi. Satu lagi tugas seremonial yang akan dijalankan adalah pengambilan sumpah jabatan pimpinan DPRD Kota Sukabumi masa jabatan 2019-2024.

“Dalam kurun waktu kurang dari 1,5 bulan, kami bisa menyelesaikan semua tugas kami. Hal ini berkat kerja keras dan kerja sama semua anggota,” tutur Momi.

Terkait pembentukan fraksi, dia menerangkan, dua parpol yaitu PPP dan Partai Hanura membentuk fraksi gabungan parpol bernama Fraksi Persatuan Rakyat. Dua parpol ini tidak bisa membentuk fraksi sendiri karena jumlah anggotanya di DPRD masing-masing kurang dari tiga orang.

“Untuk fraksi yang lain, namanya sama dengan nama parpolnya. Pada rapat paripurna ini juga ditetapkan nama ketua tiap-tiap fraksi,” jelas dia.

Nama-nama ketua fraksi yang ditetapkan rapat paripurna terdiri dari Ketua Fraksi Partai Gerindra Momi Soraya, Ketua Fraksi Partai Golkar Yunus Suhandi, Ketua Fraksi PKS  Lukmansyah, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Gagan S Rakhman, Ketua Fraksi PAN HM. Faisal Anwar, Ketua Fraksi Partai Demorat Henry Slamet, Ketua Fraksi Partai Nasdem H. Mulyono, dan Fraksi Persatuan Rakyat Muchendra.

Adapun nama pimpinan definitif yang rencananya akan dilantik hari ini terdiri dari Ketua DPRD H. Kamal Suherman (Partai Gerindra) serta para wakil ketua Jona Arizona (Partai Golkar) dan Wawan Juanda (PKS). (*)

Print Friendly, PDF & Email