Buper Situ Cipiit Destinasi Idola Akhir Pekan

oleh -
Membuka tenda di alam terbuka yang dikelilingi pepohonan merupakan daya tarik Buper Situ Cipiit.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Keberadaan bumi perkemahan (buper) Situ Cipiit di Desa Tanjungsari, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi cukup eksis sebagai destinasi wisata alam untuk mengisi akhir pekan. Tempat ini menyajikan lingkungan alam khas danau yang dikelilingi pepohonan dan perbukitan.

banner 970x90

Setiap akhir pekan banyak pengunjung datang ke Buper Situ Cipiit untuk membuka tenda di alam terbuka.  Salah satunya komunitas pencinta alam yang menggelar kegiatan Demam Camping di Situ Cipiit selama dua hari satu malam dari Sabtu (8/8/2020) sampai dengan Ahad (9/8/2020).

Kegiatan diikuti berbagai komunitas pendaki gunung, pencinta alam, dan masyarakat umum. Demam Camping digagas dan diselenggarakan oleh KPGIR (Komunitas Pendaki Gunung Indonesia Raya).

“Saya tidak menyangka kegiatan ini banyak peminatnya. Ini bukti masyarakat lebih menyukai alam terbuka untuk kamping. Acara ini merupakan wadah untuk sharing antar komunitas dalam berbagi pengalaman mendaki gunung,” kata Panitia Demam Camping Agus dari Sukabumi Traveller.

Pada kegiatan itu, panitia menyediakan berbagai jenis doorprize untuk para peserta dengan hadiah peralatan  kamping hingga tiket gratis ke Gunung Semeru. Panitia juga berbagi pengetahuan seputar mendaki gunung.  

“Minat masyarakat terhadap wisata alam terbuka semakin tinggi. Karena itu kami membekali para peserta dengan pengetahuan berpetualang di alam bebas seperti membuat perapian dan menempuh tantangan dalam perjalanan,” tutur Agus.

Sementara salah seorang peserta dari masyarakat umum,  Nafisa (19) warga Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi  ikut event Demam Camping untuk melepas kerinduan kepada teman-temannya yang berpisah cukup lama karena wabah Covid-19. 

“Saya lebih memilih liburan ke alam karena selain baik untuk kesehatan juga murah meriah,” tutur Nafisa.

Pengetahuan yang di dapat dari acara Demam Camping,  ujarnya akan dijadikan bekal olehnya selama dia menyalurkan hobi petualangan di alam terbuka. Dia berencana akan kamping di beberapa destinasi buper alam terbuka di Sukabumi seperti Javana Spa,  Gunung Sabak,  dan Curug Sunda. (*)   

Print Friendly, PDF & Email