Zona Hijau, Sekolah Siap Terapkan Sistem Belajar Tatap Muka

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi meninjau ruangan kelas di SMKN 2 Kota Sukabumi yang akan memberlakukan sistem belajar tatap muka.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Persiapan sekolah di Kota Sukabumi menyambut tahun ajaran baru untuk menerapkan sistem belajar tatap muka semakin mantap. Sejumlah sekolah menyiapkan berbagai sarana untuk mendukung pelaksanaan protokol kesehatan sebagai syarat penyelenggaraan sistem belajar tatap muka menjelang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) setelah Kota Sukabumi meraih predikat zona hijau.

banner 970x90

Untuk memastikan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sesuai dengan protokol kesehatan, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi melakukan kunjungan ke SMKN 2 Kota Sukabumi di Jalan Pelabuhan II Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Jumat (10/7/2020).

“Saya ingin melihat langsung proses tahapan mulai sekolah menyambut para siswa hingga tahapan proses KBM di kelas,” kata Fahmi di tengah kunjugannya.

Wali kota memantau kedatangan para siswa ke SMKN 2 Kota Sukabumi yang diawali dengan pengukuran suhu tubuh dan mencuci tangan sebelum masuk ke dalam kelas. Di dalam kelas, wali kota mengamati meja yang dilengkapi tirai pembatas dari plastik.

“Semua prosuder yang diterapkan tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada saat kegiatan belajar mengajar di sekolah,” ujar Fahmi.

Tahap uji coba tatap muka di kelas diterapkan untuk tingkat SMP dan SMA, sedangkan untuk SD masih menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh secara online sambil menunggu kondisi aman.

“Jika kami bisa mempertahankan terus status zona hijau, sistem belajar untuk siswa SD juga dengan tatap muka. Para siswa SMP dan SMA yang akan mulai pembelajaran secara tatap muka disarankan membawa makanan dari rumah. Sebaiknya tidak jajan di luar lingkungan sekolah,” tutur wali kota. (*)

Salah seorang siswa memperlihatkan makanan yang dibawa dari rumah.

Print Friendly, PDF & Email