Desa Karanganyar Bakal Punya Sitem Pengelolaan Air Limbah

oleh -
Proyek pembangunan prasarana pengolahan air limbah di Kampung Nguluwung, Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi ditargetkan oleh pelaksananya selesai tepat waktu.

Wartawan Dicky Sopyan (SURADE)

Tidak lama lagi, Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi memiliki sarana pengolah air limbah yang sehat dan berdaya tampung besar berupa SPALD (Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik). Dengan adanya SPALD, puluhan warga di desa tersebut memiliki bak penampungan air limbah rumah tangga yang dikelola secara gotong royong.  

banner 970x90

“Nantinya prasarana ini dapat digunakan untuk menampung limbah yang berasal dari 50 kepala keluarga. Insya Allah proyek ini akan memberikan manfaat bagi warga di desa kami,” kata Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Desa Karanganyar, Supon ketika ditemui di lokasi proyek di Kampung Nguluwung RT 15 RW 05, Rabu (10/7/2019).

Sampai sekarang proyek pembangunan SPALD Kampung Nguluwung tersebut masih dalam tahap pengerjaan. Proyek tersebut dikerjakan oleh KSM Desa Karanganyar dengan total anggaran sebesar Rp450 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler bidang air sanitasi tahun 2019. Leading sector dari proyek tersebut adalah Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi.

“Sistem pencairan dananya dibagi menjadi tiga tahap. Sampai sekarang  pengerjaannya baru sampai tahap pemasangan rancangan besi,” jelas dia.

Volume SPALD itu berukuran 4 x 10 meterpersegi dengan tinggi 2,80 meter. Supon dan rekan-rekannya akan bekerja dengan sungguh-sungguh untuk menyelesaikan proyek tersebut agar hasilnya optimal dan sesuai dengan spek.

“Batas waktu pegerjaannya selama 120 hari kalender. Alhamdulillah  selama ini kami tidak menemukan hambatan yang berarti, semua pekerjaan berjalan dengan ancar,” ujar Supon. (*)

Print Friendly, PDF & Email