Jembatan Impian Masyarakat di Atas Sungai Cibuni Mulai Dibangun

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Jembatan Cibuni dari sisi Desa Cidadap, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Hamjah

Jembatan Cibuni yang menghubungkan wilayah Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Cianjur di kawasan Pajampangan pembangunannya dimulai. Kegiatan pembangunan infrastruktur yang fungsinya sangat vital dan strategis itu siap diawali setelah Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami meletakkan batu pertama sekaligus peresmian pembangunan Jembatan Cibuni, Rabu (10/6/2020).

banner 970x90

Pembangunan Jembatan Cibuni menghabiskan dana sekitar Rp33 miliar dari APBD Provinsi Jawa Barat. Saat ini, kondisi jembatan sudah dalam keadaan rusak berat. Banyak bagian yang bolong-bolong yang diatasi sementara dengan kayu dan bambu. Maklum jembatan ini sudah berumur 37 tahun dihitung sejak selesai dibangun pada 1983.

Sebelum meresmikan jembatan, bupati dan jajaran Forkopimda Kabupaten Sukabumi serta perwakilan dari Pemkab Cianjur menyerahkan santunan berupa sembako kepada orang jompo dan anak yatim dari kedua daerah. Pada acara peletakan batu pertama itu, panitia menerapkan aturan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

Dalam sambutannya, bupati mengatakan, perjuangan untuk mewujudkan pembangunan Jembatan Cibuni tidaklah mudah. Pembangunan jembatan ini  nyaris batal karena ada kebijakan realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Setelah melakukan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, alhamdulillah akhirnya permohonan kami untuk pembangunan Jembatan Cibuni dikabulkan oleh Pak Gubernur,” kata Marwan. 

Jembatan Cibuni menghubungan Desa/Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi  dengan Desa Sinarbakti, Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur. Dimensi jembatan panjang 120 meter dengan lebar 7 meter.

Ke depan, ujar bupati, jalan menuju Jembatan Cibuni dari pusat keramaian Cidadap akan dibangun. Sebenarnya, pembangunan jalan ini harusnya telah selesai. Namun karena ada wabah, anggarannya digeser untuk penanganan Covid-19.   

“Di tempat ini akan dikembangkan distinasi wisata seperti wisata air panas dan lokasi untuk wisata perahu dan memancing,” kata Marwan.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi, Asep Japar menjelaskan, pembangunan Jembatan Cibuni ditargetkan selesai pembangunannya pada 15 Desember mendatang. Jadi sebelum akhir tahun, masyarakat sudah bisa menggunakan jembatan tersebut.  

Asep mengharapkan, pembangunan Jembatan Cibuni dapat berjalan lancar dan tepat waktu dengan kualitas yang dapat diandalkan sehingga bisa tahan lama penggunaannya. Karena itu, Asep meminta dukungan dari semua kalangan untuk kelancaran pembangunan Jembatan Cibuni.

Pembangunan jembatan dikerjakan oleh dua kontraktor yaitu PT Yasuba dan PT Dinanti. Jembatan ini akan menggunakan konstruksi rangka baja sehingga penampakannya lebih eksostik sebagai destinasi wisata. (*)

Print Friendly, PDF & Email