Ibadah Haji Ditunda, DKP3 Antisipasi Lonjakan Permintaan Hewan Kurban

oleh -
Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Andri Setiawan (kiri) ketika melakukan monitoring ke salah satu peternakan untuk melihat perkembangan persediaan hewan kurban menjelang Idul Adha 1441 Hijriyah.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Pembatalan perjalanan ibadah haji tahun ini diprediksi dapat berdampak pada peningkatan jumlah hewan korban. Para calon haji yang seharusnya berkurban di Tanah Suci kemungkinan besar akan menyembelih sapi atau domba di Tanah Air. Hal inilah yang dapat memicu peningkatan permintaan terhadap hewan kurban di Kota Sukabumi.

banner 970x90

Menghadapi kemungkinan tersebut, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi akan mengambil berabagai langkah antisipasi. Salah satunya dengan melakukan monitoring ke beberapa peternakan sapi dan domba untuk mendorong para peternak agar menyiapkan hewan ternaknya dalam menghadapi Idul Adha 1441 Hijriyah.

“Kami telah mendatangi tiga lokasi peternakan di Subangjaya, Baros, dan Cikundul untuk mengantisipasi naiknya permintaan masyarakat pada saat Lebaran Kurban nanti,” kata Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Andri Setiawan ketika dihubungi wartawan via telepon seluler, Rabu (10/6/2020).

Selain itu, Andri dan jajarannya juga sering mengunjungi pasar ternak di Jalan Pramuka Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang untuk monitoring dan mengecek perkembangan stok hewan kurban.

Tahun lalu, kebutuhan hewan kurban di Kota Sukabumi mencapai 800 ekor sapi. Melihat kondisi tahun ini, permintaan hewan kurban akan meningkat cukup drastis.

Dalam monitoring yang digelarnya, jajaran DKP3 juga melakukan pemeriksaan kesehatan hewan untuk memastikan hewan-hewan tersebut bebas penyakit.

“Pemeriksaan kesehatan hewan sudah menjadi kegiatan rutin kami khususnya di pasar hewan. Kesehatan hewan ini penting untuk menjamin ketenangan dan kenyamanan masyarakat ketika membeli hewan kurban,” kata dia.

Sejauh ini, lanjut Andri, kebutuhan hewan kurban untuk Kota Sukabumi masih dapat tercukupi. Bahkan bisa dibilang Kota Sukabumi menjadi pemasok hewan kurban ke daerah lain walaupun daerah ini dipasok sapi oleh pedagang hewan dari Jawa Tengah. 

Selama H-7 hingga H-3 Idul Adha 1441 Hijriyah, jajaran DKP3 akan menggencarkan dan mengintensifkan monitoring dan pemeriksaan ke lapangan. Tujuannya untuk melihat perkembangan permintaan dan persediaan hewan kurban. (*)  

Print Friendly, PDF & Email