Kumis Baplang Berbagi Darah dan Beasiswa

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi meninjau tempat donor darah yang digelar oleh keluarga besar Kumis Baplang dalam rangka memperingati HUT ke-105 Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Organisasi Kumis Baplang (Kumpulan Insan Seni Budaya dan Pelestari Lingkungan) menggelar bakti sosial dalam rangka memperingati HUT ke-105 Kota Sukabumi. Dua kegiatan yang mendapat perhatian dari masyarakat adalah donor darah dan pemberian beasiswa Kumba (Kumis Baplang) kepada siswa yang tidak mampu.

banner 970x90

Bakti sosial yang diresmikan oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi itu dilangsungkan di Taman Cikondang, Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi, Rabu (10/4/2019). Donor darah diikuti oleh pengurus dan anggota Kumis Baplang serta warga yang tinggal di sekitar Taman Cikondang.

“Selain donor darah masih banyak kegiatan sosial yang kami selenggarakan dalam rangka HUT ke105 Kota Sukabumi ini. Semua didedikasikan untuk masyakat Kota Sukabumi yang sedang memperingati hari jadi kotanya,” kata Ketua Umum Kumis Baplang, Herry Setiawan setelah pembukaan kegiatan bakti sosial.

Donor darah, selain penting untuk menjaga kesehatan tubuh juga berguna untuk menyelamatkan nyawa pasien yang membutuhkan darah. Adapun Beasiswa Kumba diberikan dengan tujuan untuk meringankan beban para orang tua siswa dari kalangan keluarga kurang mampu. Jumlah siswa penerima beasiswa mencapai 21 orang yang berasal dari Kelurahan Cikondang.

Kegiatan lain yang digelar di lokasi peringatan HUT ke-105 Kota Sukabumi berupa kreasi seni dan budaya, bazar UMKM, pemeriksaan kesehatan gratis, pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil, pameran seni lukis, panahan, dan konsultasi hukum gratis.

Saat meresmikan bakti sosial tersebut, wali kota menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar Kumis Baplang. Menurut Fahmi, kegiatan yang diselenggarakan oleh Kumis Baplang merupakan bagian dari partisipasi masyarakat secara langsung pada pembangunan di daerah.

Kota Sukabumi, kata dia, di umurnya yang semakin tua membutuhkan partisipasi masyarakat untuk menjadi daerah yang maju dalam pembangunan. Guna mendorong percepatan pembangunan, pemda membutuhkan peran serta dari seluruh komponen masyarakat.

“Partisipasi seluruh unsur masyarakat akan menghasilkan kerja sama dan sinergitas yang indah. Kegiatan yang digelar Kumis Baplang ini merupakan bentuk nyata dari partisipasi dan kerja sama masyarakat dengan pemerintah. Kegiatan ini sebagai upaya mendorong program pemerintah menuju Kota Sukabumi yang religius, nyaman, dan sejahtera atau Renyah,” ujar wali kota. (*)

Print Friendly, PDF & Email