Wali Kota Harapkan Bubur Ayam Jadi Kuliner Khas Sukabumi

oleh -
Wali Kota Sukabumi menjajal kemampuannya dalam menyajikan masakan steak ayam yang dibuatnya pada lomba masak bubur ayam dalam rangka HUT ke-105 Kota Sukabumi di Rumah Makan De Kebondjati.

Wartawan YUS F. PURWASARI (PWI)

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi mengharapkan para pedagang dapat menjadikan bubur ayam sebagai ciri khas Kota Sukabumi. Di Kota Sukabumi, bubur ayam termasuk makanan paling favorit dengan pedagangnya bertebaran di seantero pelosok kota, mulai PKL, kios, maupun restoran.  

Harapan wali kota itu disampaikan setelah mengikuti acara lomba memasak di halaman Rumah Makan De Kebondjati dalam rangkaian HUT ke-105 Kota Sukabumi, Minggu (10/3/2019).

“Berbicara Kota Sukabumi itu tidak bisa lepas dari geliat wisata kulinernya. Salah kuliner khas Kota Sukabumi Sukabumi adalah bubur ayam. Karena itu Kota Sukabumi harus memiliki bubur ayam dengan ciri khas yang mandiri,” kata Fahmi.

Selain kuantitas yang terus meningkat, para pedagang bubur ayam yang hadir di setiap pengkolan dan gang di Kota Sukabumi harus mampu menghasilkan masakan yang dapat menjadi salah satu ciri khas daerah.

“Saya bersemangat untuk menjadikan Kota Sukabumi sebagai pusat wisata kuliner dengan memperkuat UMKM dan rumah makan yang ada,” tutur Fahmi.  

Pada acara itu, wali kota ikut meramaikan suasana dengan menjadi juru masak. Saat terjun di lokasi lomba, dia berpenampilan seperti juru masak profesional. Fahmi mengenakan topi tinggi dan celemek sebagai atribut resmi chief. Wali kota tampak bersemangat ketika memasuki tahapan memasak steak ayam. Dia pun mengawali  proses memasak dengan memasukkan mentega ke dalam wajan. 

Gerakan wali kota tampak luwes layaknya juru masak yang sudah kawakan. Para tamu yang hadir tampak terhibur dengan semangat orang nomor satu di Kota Sukabumi itu dalam menuntaskan masakannya.  

Selesai membuat steak, Fahmi mencicipi bubur ayam yang dibuat oleh peserta lomba. Dia juga turut membagikan 400 porsi bubur ayam kepada masyarakat yang kebetulan melintasi lokasi lomba di kawasan Kebonjati, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email