Bupati Tekankan Pentingnya Antisipasi Penghambat Pilkades

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengimbau aparat pemerintah dan masyarakat untuk mengambil langkah antisipasi guna menghadapi kemungkinan munculnya gangguan pada pelaksanaan Pilkades 2019 di Kabupaten Sukabumi.

Wartawan M. Ridwan

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menekankan pentingnya langkah antisipasi untuk menghadapi berbagai kemungkinan munculnya faktor-faktor penghambat berupa berbagai permasalahan dalam penyelenggaraan pilkades (pemilihan kepala desa) serentak tahun 2019. Langkah antisipasi diperlukan untuk menghadapi berbagai permasalahan agar pilkades dapat berjalan dengan lancar dan sesuai jadwal.

Pernyataan bupati itu disampaikan saat memimpin rapat koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukabumi menjelang pelaksanaan pilkades serentak tahun 2019 di Aula Setda Kabupaten Sukabumi, Jalan Siliwangi Nomor 10 Palabuhanratu, Jumat (8/11/2019).

“Segala hambatan dan permasalahan yang mungkin muncul perlu diantisipasi karena berpeluang menimbulkan potensi kerawanan di tengah masyarakat. Potensi kerawanan seperti ini pada akhirnya dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan pilkades,” ujar bupati. 

Marwan mengharapkan peran serta dukungan dari semua kalangan untuk menciptakan situasi yang kondusif dan aman guna mensukseskan pelaksanakan Pilkades serentak tahun 2019. Tahapan pilkades, ujar dia, harus benar-benar mendapatkan perhatian dari semua pihak sehingga penyelenggaraannya dapat berjalan dengan aman dan lancar. 

Rakor Forkopimda digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) Kabupaten Sukabumi. Tujuannya untuk menyamakan persepsi mengenai persiapan dan kesiapan penyelenggaraan Pilkades serentak tahun 2019, baik dari segi pengamanan, personel panitia, maupun perlengkapan. 

Pada kegiatan itu, disampaikan pemaparan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Thendy Hendrayana terkait tahapan-tahapan pilkades serentak. Selain itu disampaikan pemaparan kesiapan pengamanan dari Polres Sukabumi dan Polres Sukabumi Kota serta Kodim 0607 dan Kodim 0622.

Pilkades serentak di Kabupaten Sukabumi digelar di 39 kecamatan yang meliputi 240 desa. Hari pemungutan suara pada Minggu, 17 November 2019. Jumlah pendaftar calon kepala desa sebanyak 1.240 orang, namun yang dinyatakan lulus seleksi sebanyak 1.019 orang.

Mulai Senin (11/11/2019) sampai dengan Rabu (13/11/2019), pilkades memasuki tahapan kampanye. Setelah itu selama tiga hari sampai dengan Sabtu (16/11/2019), pilkades serentak masuk masa tenang. (*)

Print Friendly, PDF & Email