Sukabumi Cerdas, Baznas Salurkan Beasiswa untuk 250 Orang

oleh -
Suasana pembagian beasiswa Sukabumi Cerdas oleh Baznas Kabupaten Sukabumi untuk siswa tingkat SD dan SMP. Tampak Kabag Umum dan Administrasi Baznas Kabupaten Sukabumi, HM. Kamaludin (berbaju batik) sedang memberikan beasiswa kepada salahs atu penerima.

Wartawan AEP SAEPUDIN

Baznas Kabupaten Sukabumi melalui program Sukabumi Cerdas membagikan  beasiswa kepada 250 pelajar bertempat di Aula Gedung 1.000, Kompleks Islamic Center, Cisaat, Rabu (9/10/2019). Pembagian beasiswa untuk pelajar berprestasi dari kalangan kurang mampu itu dihadiri unsur Baznas dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi.

banner 970x90

Para penerima beasiwa Sukabumi Cerdas berasal dari 47 kecamatan se-Kabupaten Sukabumi. Mereka masih duduk di tingkat SD dan SMP. Di tempat acara tampak hadir Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi, H. Ruyani, perwakilan Disdik, para kepala sekolah, orang tua, dan para siswa penerima beasiswa.

Ditemui setelah pembagian beasiswa, Kepala Bagian Umum dan Administrasi Baznas Kabupaten Sukabumi, Muhammad Kamaludin mengatakan, penerima beasiswa Sukabumi Cerdas terdiri dari  150 siswa SD dan 100 siswa tingkat SMP. Beasiswa yang diterima tiap siswa besarnya mencapai Rp1 juta.

“Jadi untuk program ini, kami menyalurkan dana sebesar Rp250 juta. Dananya berasal dari zakat,” ujar Kamaludin.

Mengingat sumbernya dari zakat, dalam pendistribusiannya tidak bisa dilepaskan dari para asnaf yang berhak menerima zakat, salah satunya fakir miskin. Karena itu, kata Kamaludin, pertimbangan penerima beasiswa tetap berorientasi fakir miskin dan mustahik zakat. Jadi selain berprestasi, para penerima beasiswa harus berasal dari kalangan kurang mampu.

“Untuk pendataan para siswa yang berhak menerima beasiswa ini, kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. Begitu juga dinas kami ajak kerja sama untuk pendistribusian beasiswa,” jelas Kamaludin.

Dalam pertimbangan prestasi, fokusnya tidak hanya akademik, tetapi juga prestasi nonakademik seperti olahraga, seni, dan keagamaan, tambahnya. 

“Pembagian beasiswa ini dilaksanakan setiap tahun. Kami mengharapkan beasiswa ini bermanfaat bagi penerima dan dapat  meningkatkan motivasi belajar serta prestasi mereka,” ujar dia. (*)

Print Friendly, PDF & Email