Panitia Pilkades Padasenang Mulai Dilirik Para Balon

oleh -
Ketua Panitia Pilkades Padasenang, Dikdik Husaeni (paling kiri) memeriksa berkas yang diajukan oleh salah satu balon kades yang akan mendaftarkan diri.

Wartawan Hamjah

Meja pendaftaran yang disediakan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)  Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi mulai dilirik para bakal calon (balon) kades. Pada hari pertama pendaftaran, Senin (9/9/2019), panitia didatangi beberapa orang warga yang dilihat dari gerak-geriknya tampak berminat untuk mendaftarkan diri.

banner 970x90

Pantauan di Balai Desa Padasenang, dari sekian banyak warga yang bertanya-tanya, hanya satu orang yang benar-benar menyerahkan berkas persyaratan calon kades. Ketua Panitia Pilkades Padasenang, Dikdik Husaeni bersama jajarannya langsung melakukan pemeriksaan terhadap berkas tersebut.

“Sesuai ketentuan dari panitia di tingkat Kabupaten Sukabumi, pendaftaran balon kades sampai dengan 19 September 2019. Saat ini tahapan Pilkades serentak tahun 2019 ini sudah memasuki tahapan ketujuh yaitu penerimaan pendaftaran bakal calon kepala desa,” kata Ketua Panitia Pilkades Padasenang, Dikdik Husaeni. 

Bakal calon kades yang akan mendaftarkan diri, ujar Dikdik, harus mempersiapkan beberapa berkas persyaratan yang sudah diumumkan oleh panitia. Dia bersyukur, pada hari pertama pertama pendaftaran, meja panitia didatangi seorang balon yang menyerahkan berkas persyaratan. 

“Kami hanya akan menerima berkas Balon Kades yang sudah lengkap. Jika belum lengkap, berkas dari balon akan kami kembalikan,” jelasnya.

Terkait dengan persyaratan dan kelengkapan berkas yang harus disiapkan oleh bakal calon kades, Dikdik mengatakan semuanya sudah tercantum pada Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, dan Perbub Sukabumi No. 51 tahun 2015.

“Salah satunya ijazah terakhir dan surat keterangan catatan kepolisian,” tambah Dikdik. (*)

Print Friendly, PDF & Email