Cegah Kerumunan Orang, Disdukcapil Buka Pelayanan di GOR Cisaat

oleh -
Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Iwan Kusdian.

Wartawan Denny Nurman AJ

Guna mencegah kerumunan orang  dan antrean panjang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi menggelar pelayanan di GOR Cisaat, Senin (8/6/2020). Pelayanan di tempat luas ini bertujuan untuk penukaran suket (surat keterangan) dengan KTP-Elektronik dan pembuatan KTP-Elektronik bagi warga yang telah melakukan perekaman data di Disdukcapil atau UPTD Dukcapil terdekat.

banner 970x90

“Di GOR ini tempatnya luas, jadi para pemohon KTP bisa leluasa mendapatkan pelayanan, tidak perlu berdesak-desakan,” kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Iwan Kusdian ketika ditemui di tengah kesibukan monitoring pembuatan KTP di GOR Cisaat.

Saat ini, ujar dia, dalam satu hari warga yang akan membuat KTP atau menukar suket mencapai sekitar 1.000 orang perhari. Jika dilayani semuanya, Kantor Disdukcapil tidak akan mampu menampung orang sebanyak itu. Jadi pelayanan KTP  dilaksanakan di GOR Cisaat yang lebih luas dan lapang.

Untuk mendukung pencetakan KTP massal itu, Disdukcapil Kabupaten Sukabumi mengerahkan mobil keliling. Tim yang ditugaskan di GOR Cisaat menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat.

Masyarakat yang akan mengambil KTP harus mengenakan masker dan saling menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya. Selain itu Didukcapil menyediakan wastafel khusus yang dilengkapi hand sanitizer.

Pelayanan dengan mobil keliling di GOR Cisaat buka pada hari kerja dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB. Rencananya akan dibuka sampai dengan Jumat (12/6/2020).

Pada kesempatan itu Iwan Kusdian juga menerangkan, berdasarkan Permendagri Nomor 109 Tahun 2019, dokumen kependudukan di luar KTP dan KIA (Kartu Identitas Anak) seperti akta kelahiran dan kartu keluarga (KK) bisa dicetak di atas kertas HVS 80 gram warna putih ukuran A4.

Jadi, kata Iwan, daerah yang kehabisan blanko atau kertas khusus untuk akta kelahiran dan KK tidak perlu melakukan pengadaan barang tersebut, tapi bisa langsung mencetak dua dokumen itu di atas kertas HVS 80 gram. (*)

Print Friendly, PDF & Email