Tanpa Lampu PJU, Jalur Loji-Palangpang Rawan Kecelakaan

oleh -
Lapisan aspal pada badan jalannya sangat mulus, namun sayang jalur yang menghubungkan Loji di Simpenan dengan Pantai Palangpang di Kecamatan Ciemas ini belum dilengkapi sarana lampu PJU.

Wartawan M. Ridwan

Jalur Loji-Palangpang yang membentang dari Desa Loji, Kecamatan Simpenan sampai Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi  belum memiliki fasilitas lampu PJU (penerangan jalan umum). Para pengendara yang melewati jalur tersebut harus ekstra hati-hati terutama pada malam hari karena rawan kecelakaan.

banner 970x90

Keadaan di jalur itu semakin rawan oleh  kondisi medan yang curam, banyak tanjakan, dan banyak tikungan tajam. Pengemudi yang belum berpengalaman melewati jalur tersebut akan menghadapi ancaman maut terutama pada malam hari. Sebaiknya mereka bepergian lewat jalan ini pada siang hari untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

Warga yang tinggal di sekitar jalur tersebut sering mempertanyakan kehadiran lampu PJU di jalan penghubung Loji-Palangpang. Bentangan jalan yang dibangun oleh Pemprov Jawa Barat itu sudah berumur hampir dua tahun, namun belum juga dipasangi lampu PJU. Jalur jalan ini dibangun dari nol dan benar-benar baru karena menggunakan lahan yang asalnya kebun dan perbukitan.

“Saya sering menerima keluhan atas kondisi gelap di jalan menuju kawasan geopark di Pantai Palangpang. Memang belum ada lampu PJU di sepanjang jalan tersebut,” kata Acoy Loji, pengelola Hotel Loji Wood ketika dihubungi wartawan, Minggu (9/6/2019).

Karena itu Acoy mendesak instansi terkait untuk segera memasang fasilitas lampu PJU di jalur Loji-Palangpang. Dia juga mengimbau pengendara yang menempuh perjalanan dari Loji ke Palangpang untuk lebih berhati-hati, terutama setelah hari gelap. 

“Lampu PJU harus segera dipasang karena sebagian besar wisatawan yang akan menuju geopark lewat jalan ini. Mereka bisa menghemat waktu sekitar dua jam dibandingkan lewat jalan lama,” jelas Acoy.

Bagi pengendara, lanjut dia, hal yang paling penting adalah mengecek kondisi peralatan kendaraan yang sangat vital seperti lampu dan rem. Acoy juga menganjurkan pengemudi untuk memeriksa keadaan mesin agar tidak menemui kendala di perjalanan. (*)

Print Friendly, PDF & Email