Camat Cibadak: Warung ‘Godin’ Tidak Boleh Terang-terangan

oleh -
Rapat koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (FKPK) bersama masyarakat di aula Kantor Kecamatan Cibadak dalam rangka membahas penegakan tertib bulan Ramadhan.

Wartawan Usep Mulyana (Kowasi)

Camat Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Lesto Rosadi menyatakan, warung ‘godin’ atau warung makanan yang buka siang hari pada bulan Ramadhan tidak boleh beroperasi secara terang-terangan dan diketahui secara luas oleh khalayak. Jika pemilik warung godin tidak mengindahkan imbauan dari pemerintah, camat dan jajarannya akan menindak warung tersebut.

banner 970x90

Pernyataan Camat Lesto itu disampaikan pada rapat koordinasi (rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (FKPK) bersama masyarakat terkait penegakan ketertiban bulan Ramadhan di Aula Kantor Kecamatan Cibadak, Kamis (9/5/2019). Intinya, kata dia, warung godin boleh beroperasi tetapi jangan sampai mengganggu orang yang sedang berpuasa. 

“Warung penjual makanan dan minuman yang terang-terangan buka pada siang hari bulan Ramadhan akan ditertibkan,” ujar Camat Cibadak.

Pada rakor tersebut tampak hadir unsur Ormas,  MUI, Polsek, Koramil, dan perwakilan pedagang kaki lima. Tujuan rapat, kata Lesto, adalah untuk mengimplementasikan surat edaran Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami tentang tertib di bulan Ramadhan.

“Upaya membangun ketertiban bulan Ramadhan antara lain untuk mencegah aksi sweeping. Kami juga akan menggelar penertiban ke tempat penjualan petasan, warung minuman beralkohol, penginapan, dan warung makan yang beroperasi di siang hari secara terang-terangan,” ujar camat.

Lesto juga membahas jam kerja buruh di pabrik. Tentang hal ini dia mengingatkan para pemilik pabrik di wilayah Kecamatan Cibadak untuk mengusahakan jam kerja pekerja berakhir pada jam 16.30 WIB. Jika pekerja diharuskan kerja lembur, maka hal itu harus dilaksanakan dengan mememuhi ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

Dalam hal ini, perusahaan wajib memberikan fasilitas dan keleluasaan kepada para pekerja untuk melaksanakan buka puasa, shalat Maghrib, serta shalat Isya dan shalat Tarawih. Camat tidak segan-segan mengambil tindakan kepada perusahaan yang tidak mentaati ketentua tersebut. (*)

Print Friendly, PDF & Email