Menteri Perdagangan Pantau Harga di Pasar Pelita

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Menteri Perdagangan (Mendag) RI,  Enggartiasto Lukita dan rombongan didampingi Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi beserta Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami mengunjungi Pasar Pelita Kota Sukabumi, Selasa (9/4/2019). Pada kunjungan itu, menteri sempat meninjau lokasi pembangunan Pasar Pelita dan melakukan pemantauan ketersediaan bahan pangan. 

banner 720x90

Rombongan masuk ke kawasan Pasar Pelita dari arah Jalan Ahmad Yani dengan berjalan kaki. Ketika tiba di lokasi los-los darurat, menteri langsung melakukan dialog dengan para pedagang. Dia bertanya tentang perkembangan persediaan dan harga bahan pokok penting akhir-akhir ini.  Sambil berdialog sejumlah pedagang sesekali meminta foto bersama dengan Menteri Enggar.

“Kedatangan kami di Pasar Pelita ini untuk memantau perkembangan harga bahan pokok. Dari beberapa kali dialog dengan para pedagang, kami menyimpulkan, persediaan dan harga bahan pokok dalam keadaan aman dan terkendali. Tidak perlu ada kekhawatiran, terutama untuk harga beras,” kata menteri susai berdialog dengan para pedagang.

Untuk daging ayam, ujar Enggar, harganya sudah sesuai harapan para peternak mandiri maupun masyarakat.  Jika pedagang menjual harga daging ayam berbeda-beda, itu wajar sesuai dengan kondisi di pasar. Harga bawang merah sempat naik, kata dia, tapi itu musiman. 

Sementara itu tingkat daya beli masyarakat sejauh ini dalam kondisi stabil. Bersamaan dengan masa kampanye Pemilu yang sering disertai pasar murah, korelasinya dapat menurunkan kunjungan masyarakat ke pasar tradisional. Menurut dia, pasar murah itu bagus karena membantu rakyat, asalkan jangan money politics.

Usai memantau pasar, Enggartiasto melihat proyek pembangunan Pasar Pelita. Dari Wali Kota Sukabumi, menteri mendapatkan penjelasan, pembangunan pasar terbesar di Sukabumi itu dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Pembangunan pasar ditargetkan selesai pada bulan November 2019.

banner 720x90

Dalam keterangannya, Wali Kota Sukabumi memastikan ketersediaan bahan pokok menjelang Ramadhan dalam keadaan aman. Selain itu harga-harganya pun terpantau stabil. Meski ada komoditas yang mengalami kenaikan harga, menurut Fahmi, hal itu sifatnya musiman.

Sebelumnya Mendag menggelar dialog kewirausahaan dengan sekitar 300 pengusaha Kota dan Kabupaten Sukabumi di Hotel Horison Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email