Panitia Pilkades Pasirdoton Gelar Pembekalan Gabungan

oleh -
Para pembicara yang tampil pada pembekalan bagi Panitia Pilkades, BPD, calon kades, dan para saksi di aula Kantor Desa Pasirdoton.

Wartawan Nanang Setiana

Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi menggelar pembekalan gabungan bertempat di aula Kantor Desa Pasirdoton, Jumat (8/11/2019). Pembekalan tersebut melibatkan para peserta dari panitia sendiri, BPD Pasirdoton, Calon Kades, dan para saksi.

Pada pembekalan tersebut, penyelenggara menghadirkan empat calon Kades Pasirdoton dan 8 saksi yang berasal dari para calon kades dengan ketentuan satu calon mengirimkan dua orang saksi. Salah satu materi pembekalan yang diberikan kepada para peserta menyangkut tata cara dan prosedur penglipatan surat suara.

Tampil sebagai pembicara pada pembekalan tersebut antara lain dari unsur Muspika Cidahu yaitu kantor kecamatan dan Polsek. Pembekalan tersebut berisi arahan dan ajakan kepada para peserta untuk mewujudkan Pilkades Pasirdoton yang aman, damai, dan tertib.

“Pembekalan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan tekad untuk mensukseskan Pilkades Pasirdoton. Kami ingin memberikan suasana tenang agar Pilkades Pasirdoton benar-benar sukses dari segi penyelenggaraan,” kata Ketua Panitia Pilkades Pasirdoton, Imam Apandi kepada awak media di sela kesibukan kegiatan pembekalan.

Para peserta pembekalan terkait pelaksanaan Pilkades Pasirdoton.

Untuk mewujudkan Pilkades yang sukses dan damai, dari sisi panitia, ujar Imam, dijamin memenuhi syarat yaitu terpenuhinya syarat netral. Seluruh jajaran panitia telah membangun komitmen untuk menegakkan netralitas. Mereka juga sepakat akan mengundurkan diri dari kepanitiaan jika terbukti tidak netral.

“Kalau ada panitia yang mendukung salah satu calon, kami persilakan dia keluar dari kepanitiaan dan menjadi tim sukses,” tegas dia. 

Di samping pemberian materi pembekalan, para peserta juga membuat kesepakatan bersama untuk pelaksanaan kampanye. Dengan kesepakatan tersebut, panitia mengharapkan kampanye dapat berlangsung dengan tertib dan damai sesuai kesepakatan bersama.

“Kami mengimbau semua elemen masyarakat di Desa Pasirdoton untuk bersama-sama ikut mensukseskan Pilkades ini. Jadikanlah pemilihan ini sebagai ajang demokrasi untuk memilih kepala desa yang sesuai harapan kita bersama. Mari kita wujudkan Pilkades Pasirdoton yang aman, nyaman, damai, dan sukses,” ungkap Imam. (*)  

Print Friendly, PDF & Email