Disdukcapil Meraih Nilai A untuk Layanan Publik

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menerima penghargaan dari Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo untuk prestasi Disdukcapil dalam memberikan layanan publik.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disducapil) Kota Sukabumi menorehkan prestasi gemilang dalam urusan pelayanan publik. Oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), perangkat daerah ini diberi penghargaan atas prestasinya sebagai unit layanan publik yang meraih peringkat sangat baik dengan nilai A.

Penghargaan untuk Disdukcapil itu diterima Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi dari Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo pada acara penyampaian hasil evaluasi dan penghargaan penyelenggaraan pelayanan publik wilayah I di Hotel Aston Batam, Kota Batam, Kamis (7/11/2019) malam. Wali kota pun menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada jajaran Disdukcapil.

“Alhamdulillah pelayanan publik Disdukcapil mendapatkan penghargaan dari Kemenpan RB. Hendaknya penghargaan ini menjadi pemacu bagi aparatur pemda untuk terus meningkatkan kualitas layanan dalam berbagai bidang,” kata wali kota setelah menerima penghargaan dari menteri.

Pemkot Sukabumi, ujar dia, memiliki potensi untuk dapat menggulirkan berbagai inovasi layanan publik. Hal ini ditunjang dengan sumber daya manusia (SDM) yang baik, sarana dan prasarana yang nyaman, dan sistem yang terintegrasi. Sehingga layanan publik di Kota Sukabumi dapat berjalan sesuai dengan tagline ‘santun dan melayani’.

Beberapa tahun belakangan ini, Disdukcapil Kota Sukabumi menggiatkan layanan Si Jempol atau siap jemput bola pelayanan. Program Si Jempol merupakan inovasi untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di luar layanan reguler pada lima hari kerja.

Program Si Jempol diselenggarakan pada hari Sabtu, Minggu, atau hari libur di sekitar permukiman warga, sekolah, pasar, pabrik, dan pusat perbelanjaan. Dokumen yang dibuat dalam Si Jempol selesai dalam satu hari. Warga bisa mendapatkan layanan dengan cepat dan mudah.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar Ifhan mengatakan, penghargaan yang diraihnya merupakan bentuk apresiasi terhadap program Si Jempol. Berkat Si Jempol, kata Iskandar, cakupan kepemilikan dokumen  kependudukan di Kota Sukabumi mencapai 90 persen.

“Ke depan kami akan terus menggulirkan inovasi untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat,” ujarnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email