TKM Cibadak Ikuti Pembekalan Wirausaha Percetakan

oleh -
Pembukaan pembekalan untuk tenaga kerja mandiri kelompok percetakan bagi warga Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak. Duduk dari kiri ke kanan Dedi Jubaedi (Kasi Sarpras Kecamatan Cibadak), Rista Januarsyah (Kasi Sosial Ekonomi Kelurahan Cibadak), Dadang Tapiana (Kasi Perluasan Tenaga Kerja Disnakertrans), Sekdisnakertrans Lina Evelin Marlina, Helman Sukmana (Kasi Permberdayaan Kecamatan Cibadak), dan Iyan Suryana (utusan anggota DPR RI Hj. Dewi Asmara).

Wartawan Usep Mulyana

Sebanyak 20 Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dari Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak mengikuti  pembekalan kegiatan  penciptaan wirausaha baru kelompok percetakan yang digelar yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi.  Mereka berada di tempat pelatihan selama 3 hari sampai dengan Sabtu (10/8/2019).

banner 970x90

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan wirausahawan baru melalui pemberdayaan TKM,” kata Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Lina Evelin Marlina pada pembukaan pembekalan di Perumahan Bumi Sekarwangi, Kelurahan Cibadak Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (8/8/2019).

Program pembekalan tersebut berasal dari Ditjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI yang dilaksanakan oleh Disnakertrans. Kegiatan pembekalan merupakan  stimulan bagi pelaku usaha  percetakan yang ada di Cibadak. Menutut Evelin, pembekalan tersebut dapat terlaksana karena kerja keras Kasi Perluasan Tenaga Kerja, Dadang Tapiana.

“Pak Dadang setiap tahun berkeliling Kabupaten Sukabumi untuk mensosialisasikan peluang kerja kepada masyarakat di desa-desa,” ujar Evelin.

Pada pembukaan itu, selain Evelin dan Dadang, para pejabat yang hadir antara lain  Kasi Sapras Kantor Kecamatan Cibadak, Dedi Jubaedi; Kasi Pemberdayaan Kantor Kecamatan Cibadak, Helman Sukmana; Kasi Sosial Ekonomi Kelurahan Cibadak, Rista Januarsyah; dan koordinator acara Iyan Suryana yang merupakan utusan khusus anggota DPR RI dari Partai Golkar, Hj. Dewi Asmara.

Sementara itu dalam penjelasannya, Helman mengatakan, tujuan khusus dari kegiatan tersebut adalah untuk menciptakan lapangan kerja baru di bidang percetakan. Sampai hari ini, usaha-usaha percetakan masih terkonsentrasi di wilayah perkotaan, tidak ada salahnya di kawasan Cibadak juga dikembangkan usaha tersebut.

“Perluasan kesempatan kerja ini selain ikut mengentaskan kemiskinan juga dapat meningkatkatkan kesejahteraan masyarakat lewat kelompok usaha percetakan,” tutur Helman. 

Sementara itu Kasi Perluasan Tenaga Kerja Dadang Tapiana menerangkan, pembekalan TKM percetakan merupakan  kerja sama pemerintah pusat dan daerah untuk menciptakan usahawan baru yang mandiri dan memiliki etos kerja tinggi. Prioritas kepesertaan diberikan kepada  warga yang masih menganggur atau setengah menganggur.

“Para peserta akan memperoleh pengetahuan di bidang manajemen usaha dan teknis usaha percetakan,” kata Dadang. (*)

Print Friendly, PDF & Email