PSN Siap Membawa Ikon Sukabumi ke Kancah Nasional

oleh -
Ketua Umum PSN, Iwan Sugiyanto beserta Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Arm Suyikno.

Wartawan Joko Samudro

Kehadiran Pers Sukabumi Ngahiji (PSN) mendapat apresiasi dan pengakuan dari berbagai kalangan. Pasalnya, PSN merupakan organisasi wartawan pertama  berbasis di Sukabumi dengan level nasional. Organisasi ini siap membawa ikon Sukabumi ke tingkat Indonesia. 

banner 970x90

Hal itu dikatakan Ketua Umum PSN, Iwan Sugiyanto ketika dihubungi wartawan lewat telepon selulernya, Rabu (8/7/2020).  Banyaknya pujian dan apresiasi yang datang dari berbagai kalangan, kata Iwan, tidak membuatnya jumawa, tetapi dijadikan cambuk untuk memajukan dan membesarkan organisasi.

Saat ini, ujar Iwan, banyak wartawan dari luar daerah, bahkan luar provinsi yang ingin bergabung dengan PSN. Mereka menyampaikan keinginannya itu lewat telepon maupun komunikasi melalui media sosial. Hal inilah yang membuat Iwan dan rekan-rekannya yakin dan makin optimis, PSN akan dibentuk di berbagai daerah sehingga dapat menjelma menjadi organisasi bertaraf nasional.

Untuk pengembangan ke luar Sukabumi seperti Bogor, Cianjur, Depok, Bandung, Purwakarta, dan Subang, hal itu harus dibahas dan diputuskan dalam forum rapat pengurus. Setelah dibuat keputusan di dalam forum rapat, permintaan wartawan di daerah lain untuk membentuk cabang akan segera dikanalisasi.

“Hal ini akan dibahas dalam rapat pengurus. Sementara kami akan fokus pada pembenahan internal supaya kami lebih kuat dan solid.  Apalagi tanggal 25 Juli mendatang kami akan mengadakan deklarasi. Kegiatan itu sangat penting dan strategis sehingga membutuhkan pemikiran dan kerja keras,” tuturnya.

Iwan menjelaskan, tujuan mendirikan organisasi PSN bukan untuk mencari rival atau lawan tanding melainkan untuk meraih kawan berjuang sebanyak-banyaknya.  Bahkan dirinya mengajak semua organisasi wartawan untuk bersatu agar bisa maju bersama-sama.

“Saya sangat berterima kasih atas apresiasi dan support yang datang dari berbagai kalangan terhadap PSN,” ujar Iwan.

Dalam rangka persiapan deklarasi, Iwan dan kawan-kawan menyelenggarakan rapat pengurus di Villa Batman Geopark-Ciletuh, Minggu (5/7/2020) lalu. Pada rapat itu hadir Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Golkar, H. Ujang Abdurrahim Rochmi yang akrab disapa H. Batman. Dialah yang menyediakan tampat untuk rapat persiapan deklarasi PSN.

Pada ksempatan itu Haji Batman menyampaikan, kehadirannya pada rapat pengurus PSN merupakan kesempatan yang istimewa karena bisa berkumpul dengan wartawan yang tergabung di dalam PSN. Dia bisa bertukar pikiran dengan kalangan insan pers dan itu sangat membahagiakannya.

Media, ujar dia, memiliki peran dan fungsi yang vital sebagai sumber informasi dan kontrol sosial. Dengan peran media, kawasan Geopark-Ciletuh bisa besar dan terkenal ke berbagai daerah hingga mancanegara. 

“Saya mengajak anggota PSN agar terus menjalankan peran dan fungsinya untuk memajukan daerah, termasuk mempromosikan geopark,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Arm Suyikno menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada PSN. Organisasi wartawan, kata dia, posisinya sangat strategis bagi pembangunan dan kemajuan daerah karena merupakan tempat berhimpun para wartawan sebagai jendela informasi dunia.

“Sebagai jendela informasi, wartawan patut mendapatkan apresiasi yang tinggi. Bagi kami, wartawan adalah mitra. Untuk itu, kami sangat berterima kasih atas peran serta wartawan dalam memberitakan kegiatan TNI,” ujarnya.

Letkol Suyikno mengharapkan PSN bisa terus besar dan berkembang serta dapat mengarahkan anggotanya untuk menyajikan berita-berita yang faktual dan berimbang bagi masyarakat. (*)

Rapat persiapan deklarasi PSN di Villa Batman Geopark Ciletuh.

Print Friendly, PDF & Email