Lurah Cibadak: Kami Belum Terbitkan Rekomendasi untuk Izin Perumahan JR

oleh -
Kegiatan pembangunan Perumahan JR II di Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi diawali dengan proses cut and fill.

Wartawan Joko Samudro (SUROBOYO)

Lurah Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Budi Eka Andriana menyatakan, Perumahan JR II yang berada di wilayah kerjanya belum mengantungi izin. Sebab sampai sekarang Kantor Kelurahan Cibadak belum pernah mengeluarkan rekomendasi untuk pembuatan izin perumahan tersebut.

banner 970x90

“Memang betul perumahan tersebut (Perumahan JR II-red) belum mengantongi izin. Kami sudah memberikan peringatan kepada pihak pengembang untuk menghentikan kegiatan pembangunan tapi tidak mendapat tanggapan dari mereka,” kata Budi kepada wartawan di ruang kerjanya,  Senin (7/7/2019).

Mestinya, ujar dia, pihak pengembang melengkapi izin terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan pembangunan, apapun bentuknya. Sesuai aturan, penerbitan izin harus dilakukan secara bertahap mulai dari lingkungan terdekat, kantor kelurahan, kantor kecamatan, sampai rekomendasi teknis dari SKPD terkait. Kantor Kelurahan merupakan bagian dari rantai penerbitan izin perumahan.

Namun di lapangan, pengembang JR II tetap melakukan kegiatan cut and fill di lahan yang akan dijadikan perumahan.

“Kami telah memberikan teguran kepada pengembang untuk menghentikan semua kegiatan atau aktivitas di lahan perumahan tersebut. Sementara dihentikan dulu sebelum pengembang mengantungi izin,” ujar Lurah Cibadak.

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari pihak pengembang Perumahan JR II terkait surat izin dan aktivitas pembangunan di bakal lokasi perumahan. Pengembang JR II belum bisa ditemui dan dihubungi.

Apakah pihak pengembang telah mengantungi izin untuk cut and fill dalam arti bukan izin untuk seluruh kegiatan pembangunan perumahan? Belum ada jawaban dari pengembang.  (*)

Print Friendly, PDF & Email