Setda Suskes Jalankan Fungsi Penunjang Urusan Pemda

oleh -
Saleh Makbullah

Wartawan Iyus Fidaus PWI

Sepanjang tahun 2018, Pemkot Sukabumi melaksanakan semua urusan wajib pelayanan dasar dan nonpelayanan dasar serta urusan pilihan. Selain itu Balai Kota juga menjalankan fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah. Pemkot Sukabumi juga melaksanakan urusan pemerintahan umum dan tugas umum pemerintahan.

“Penunjang umum urusan pemerintahan daerah terdiri dari urusan perencanaan, keuangan, kepegawaian, pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan, dan pemeriksaan,” kata Plt. Sekda Kota Sukabumi, H. Saleh Makbullah dalam wawancara khusus dalam rangka memperingati HUT ke-105 Kota Sukabumi, Senin (8/4/2019).

Setda, ujar Saleh, sebagai penyusun kebijakan pemerintahan daerah dan pengkoordinasi tugas dinas daerah dan lembaga teknis daerah memfasilitasi pelaksanakan kegiatan urusan-urusan pemerintahan tersebut. Salah satunya program yang dilaksanakan oleh Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat untuk memfasilitasi pemberian bantuan-bantuan sosial yang berasal dari APBD.

“Contohnya bantuan sosial di bidang kesantaian, bidang keagamaan, bidang pendidikan, dan bantuan sosial untuk organisasi kemasyarakatan,” jelas Saleh.

Capaian kinerja perencanaan diperlihatkan oleh hasil kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Capaian kinerja urusan ini meliputi jumlah dokumen perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah. Adapun dokumen  yang dirilis oleh Bappeda antara lain Rancangan awal RPJMD Tahun 2018-2023 dan Rancangan Akhir RPJMD Tahun 2018-2023.

Selanjutnya dokumen-dokumen tahun 2018 yang terdiri dari RKPD Tahun 2018, Basis Data, Indikator Kesejahteraan Masyarakat, Buku Data Profil Daerah, Indikator Ekonomi, dan LKPJ Tahun 2018.

Untuk urusan pemerintahan umum yang salah satunya urusan kesatuan bangsa dan politik juga mencapai kinerja yang cukup menggembirakan. Capaian kinerja dimaksud antara lain pembinaan terhadap LSM, OKP dan Ormas sebanyak 14 kali kegiatan dan pembinaan politik daerah sebanyak 9 kali kegiatan. (*)

Saleh Makbullah

Print Friendly, PDF & Email