Karangtengah Jalankan Mesin Si Kalem

oleh -
Staf Kantor Kelurahan, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi menujukkan cara kerja mesin Si Kalem sebagai aplikasi yang memberikan kemudahan bagi pelayanan masyarakat.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Kantor Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi siap menjalankan mesin aplikasi Si Kalem (Sistem Kotak Layanan Elektronik Mandiri)  untuk mempermudah warga dalam mendapatkan pelayanan. Apalagi dalam launching aplikasi Si Kalem, Kantor Kelurahan Karangtengah ditunjuk menjadi tuan rumah oleh Kantor Kecamatan Gunungpuyuh sebagai pencetus aplikasi. 

banner 970x90

“Aplikasi Si Kalem diresmikan akhir pekan lalu. Kami dari jajaran Kantor Kelurahan Karangtengah sudah siap mengoperasikan aplikasi pelayanan tersebut,” kata Lurah Karangtengah, Toni Slamet ketika dihubungi lewat teleponnya, Senin (8/4/2019).

Mesin Si Kalem, jelas Toni, bentuk dan cara penggunaannya seperti ATM. Masyarakat yang ingin memperoleh pelayanan tinggal pijit-pijit tombol sesuai menu yang tersedia pada mesin tersebut. Setelah itu, jenis pelayanan atau surat keterangan yang diminta akan dibuatkan oleh petugas kantor kelurahan. Durasi menunggu dan antreannya tidak terlalu lama.

“Untuk hari pertama mesin Si Kalem dijalankan secara bertahap lewat jaringan internet menuju tahap penyempurnaan 100 persen. Dua hari kemudian, aplikasi bisa dijalankan dengan baik,” ujar dia.

Lurah Toni juga mengingatkan, warga yang akan menggunakan mesin Si Kalem harus membawa surat keterangan dari RT dan RW. Nantinya surat pengantar tersebut akan discan oleh mesin. Tanpa membawa surat keterangan dari RT dan RW, warga tidak akan dilayani oleh mesin tersebut.

Setelah mesin Si Kalem beroperasi penuh dan sempurna, lanjut dia, tidak akan ada lagi antrean warga yang menunggu pelayanan di kantor kelurahan. Sebelum ada Si Kalem, di Kantor Kelurahan Karangtengah sering terjadi antrean warga yang mengurus dokumen atau surat-surat rekomendasi.

“Setelah mesin ini berjalan penuh, tidak akan ada lagi antrean warga di kantor kami,” ujar Toni.

Cara kerja mesin Si Kalem, jelasnya lebih lanjut, sangat cepat dan memiliki akurasi yang tinggi. Setelah warga menginput jenis layanan yang diinginkan, operator akan mengubah data tersebut menjadi surat keterangan, surat rekomendasi, atau dokumen lain sesuai yang diminta.

Dalam  aplikasi Si Kalem terdapat 24 pelayanan pembuatan dokumen bagi masyarakat. Kahadiran aplikasi ini sejalan dengan target Kota Sukabumi menjadi Smart City pada tahun 2020.

Aplikasi Si Kalem diluncurkan oleh Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami, Sabtu (6/4/2019). Pada acara peresmian tersebut, wakil wali kota menandaskan, Si Kalem merupakan inovasi untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat di tingkat kecamatan dan kelurahan. 

Setelah acara peresmian, Camat Gunungpuyuh, Fajar Rajasa menjelaskan, aplikasi Si Kalem lahir dari proses berpikir inovatif dan kreatif dalam menghadapi berbagai kesulitan dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang sering terjadi. Aplikasi ini memanfaatkan kemajuan teknologi informatika yang berkembang dengan pesat.

“Prinsip dasarnya, aplikasi harus mudah digunakan, kemudian mudah diakses oleh masyarakat. Aplikasi Si Kalem tidak terbatas ruang dan waktu,” ujar camat.

Aplikasi ini juga memudahkan dalam pengarsipan karena dikelola secara digital. Masyarakat bisa mengakses aplikasi ini di Kantor Kecamatan Gunungpuyuh dan empat kantor kelurahan di kecamatan tersebut. (*)

Print Friendly, PDF & Email