Panitia Pilkades Lebaksari Selenggarakan Pembekalan Saksi

oleh -
Jajaran Panitia Pilkades Lebaksari, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi bersama para calon kades dan para saksi masing-masing serta jajaran Muspika pada pembukaan pembekalan para saksi.

Wartawan Nanang Setiana

Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Lebaksari, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menggelar pembekalan untuk para saksi yang diikuti 6 orang saksi bertempat di aula Kantor Desa Lebaksari, Kamis (7/11/2019). Pada kegiatan itu, para saksi yang hadir mewakili para calon kades. 

“Pada pemilihan nanti ada tiga orang calon kades yang menjadi peserta. Dalam pembekalan ini, setiap kades diwakili dua orang saksi. Jadi semua peserta pembekalan ada enam orang,” kata Ketua Panitia Pilkades Lebaksari, Ade Rahmat kepada awak media setelah memimpin rapat pleno terbuka pembekalan para saksi.

Materi pembekalan yang diberikan kepada para peserta, ujar Ade, meliputi antara lain tata cara pemungutan dan penghitungan suara serta pelipatan surat suara. Selama kegiatan pembekalan, situasi di aula kantor desa dalam keadaan aman dan terkendali. Walaupun berbeda dukungan pada Pilkades, para peserta pembekalan tetap menunjukkan sikap bersahabat dan selalu menjaga persatuan.

“Pembekalan para saksi ini merupakan tahapan yang harus dipenuhi. Kami ingin memberikan suasana tenang pada pemilihan kepala desa ini. Kami berupaya agar Pilkades Lebaksari benar-benar sukses dilihat dari segi penyelenggaraan maupun sisi administrasi,” kata Ade. 

Peserta pembekalan para saksi dan para calon kades.      

Ketua Panitia Pilkades Lebaksari yakin, nanti pada waktunya para peserta pembekalan dapat menjalankan tugasnya serta memenuhi kewajibannya dengan baik dan benar. Para saksi akan didorong untuk menjadi bagian dalam upaya mewujudkan Pilkades Lebaksari yang aman, tertib, dan damai.

Pada bagian lain Ade mengatakan, salah satu syarat bagi terwujudnya Pilkades yang aman dan damai, adalah panitia yang netral. Syarat ini, tandas dia, dijamin akan terpenuhi oleh jajaran Panitia Pilkades Lebaksari.

“Setiap saat saya selaku ketua Panitia Pilkades selalu mengingatkan jajaran panitia untuk netral. Kalau mau berpihak pada salah satu calon, anggota panitia dipersilakan untuk mengundurkan diri dan menjadi tim sukses. Alhamdulillah, panitia satu kata dan sepakat untuk menegakkan netralitas,” tutur Ade.

Syarat lainnya, lanjut dia, partisipasi masyarakat untuk bersinergi dan bahu-membahu dalam mensukseskan pilkades serentak ini. Karena itu Ade mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan Pilkades Lebaksari yang aman, nyaman, damai, dan sukses.

“Mari kita berdoa, semoga Pilkades ini dapat menghasilkan pemimipin yang dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan pembekalan para saksi itu dihadiri oleh unsur Muspika Parakansalak, BPD Lebaksari, dan para calon Kades Lebaksari. (*)

Print Friendly, PDF & Email