DPMPTSP Tawarkan Cikundul ke Investor

oleh -
Sofiani

Wartawan Iyus Firdaus PWI

DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kota Sukabumi akan menawarkan kerja sama pengembangan dan pengelolaan area wisata Cikundul ke kalangan investor nasional. Langkah yang diambil DPMPTSP tersebut merupakan bagian dari kebijakan Pemkot Sukabumi dalam menarik investasi besar-besaran ke Kota Sukabumi.

“Kami akan menjajakan area wisata Cikundul ke kalangan investor untuk membuka kemungkinan kerja sama pengembangan dan pengelolaan. Kita punya tempat, investorlah yang mengembangkan dengan dana mereka,” kata Kabid Penanaman Modal DPMPTSP Kota Sukabumi, Sofiani kepada wartawan, Kamis (7/11/2019).

Area wisata Cikundul berpotensi besar untuk dikembangkan karena memiliki kekayaan alam yang tidak ada di tempat wisata lainnya. Cikundul punya air panas, pemandangan yang bagus dan suasana alami karena letaknya di pinggir sungai, serta area agrowisata.

“Keseriusan untuk menawarkan area wisata Cikundul sudah dikoordinasikan dengan Bagian Adminsitrasi dan Kerjasama Daerah serta Bappeda,” ujar Sofiani.

Mengenai bentuk kerja samanya, hal itu akan dirumuskan oleh tim yang mengurus kerja sama tersebut. Dalam waktu dekat, Cikundul  akan dipromosikan pada kegiatan pameran investasi di Jakarta. Sofiani mengharapkan, ada investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya di Cikundul. 

Bidang yang dipimpinnya, ujar dia, terus membuka pintu bagi kalangan investor untuk membuka usaha di Kota Sukabumi. Dari bulan Januari sampai akhir bulan September 2019 lalu, besar dana yang masuk ke Kota Sukabumi sebagai investasi mencapai Rp1.164.255.401.168 dengan jumlah perusahaan 392 dan penyerapan tenaga kerjanya mencapai 3.379 orang.

Selain melalui pameran dan ekspo, Pemkot Sukabumi juga mempromosikan potensi Kota Sukabumi sebagai tempat investasi melalui internet. Saat ini, Bidang Penanaman Modal sedang menginventarisir potensi infrastruktur, UMKM, dan perusahaan-perusahaan besar untuk diekspos pada website. 

Seiring dengan adanya tiga proyek raksasa yakni pembangunan jalan Tol Bocimi, pembangunan jalur ganda kereta api, dan pembangunan Bandara Sukabumi, Sofiani yakin, investasi di Kota Sukabumi akan berkembang pesat dalam waktu beberapa tahun ke depan. (*)

Print Friendly, PDF & Email