Camat Caringin Ajak BPD Seuseupan untuk Tancap Gas

oleh -
Camat Caringin, Anwari melantik dan mengambil sumpah 9 pengurus BPD Seuseupan Periode 2019-2025.

Wartawan Usep Mulyana

Camat Caringin, Anwari mengajak jajaran pengurus BPD Seuseupan untuk tancap gas dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai wakil rakyat di tingkat desa. Menurut camat, ketua dan anggota BPD harus siap melanjutkan tugas-tugas BPD periode sebelumnya dan cepat beradaptasi dengan tugas-tugas barunya. 

Ajakan Anwari itu disampaikan pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah 9 anggota BPD Seuseupan periode 2019-2025 bertempat di aula Kantor Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Rabu (6/11/2019). Dia yakin, anggota BPD Seuseupan yang dilantik merupakan wakil dari masyarakat yang mempunyai kapasitas dan integritas untuk memenuhi kewajibannya.

“Kami ingatkan, tugas pokok dan fungsi BPD adalah menyusun dan membuat peraturan desa atau perdes bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, serta melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala desa,” ujar Anwari.

Kata kunci bagi BPD agar lancar dalam menjalankan tugasnya, lanjut camat, adalah menjalin sinergitas antara aksekutif dan legislatif. Sinergitas harus terus dikembangkan tanpa mengurangi sikap kritis terhadap kebijakan-kebijakan yang dibuat kepala desa.

Ditemui terpisah,  Ketua BPD Seuseupan, Wildansyah menuturkan, dia dan rekan-rekannya siap menjalankan tugas sebagai lembaga penyambung aspirasi seluruh warga Desa Seuseupan.

“Sikap kami jelas.  Selama kepala desa amanah, kami akan mendukung langkahnya.  Tapi maaf,  kalau dia mencoba main-main apalagi menyelewengkan anggaran yang notabene hak rakyat,  kami akan mengambil sikap untuk mengingatkan kepala desa berdasarkan mekanisme organisasi sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya. (*)  

Print Friendly, PDF & Email