Tiga Ruang Kelas SDN Ciawet Tampil Gres

oleh -
Tiga ruang kelas di SDN Ciawet, Desa Mekarsari, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi tampak lebih megah setelah direhabilitasi dengan DAK tahun anggaran 2019.

Wartawan Dicky Sopyan

SDN Ciawet yang beralamat di Jalan Raya Ciawet RT 01 RW 02 Desa Mekarsari, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi memiliki tiga ruang kelas yang tampak lebih gres dan mengkilap dibandingkan ruang kelas yang lainnya. Hal itu berkat adanya kuncuran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2019 dari pemerintah pusat untuk rehabilitasi berat tiga ruang kelas tersebut.

banner 970x90

“Pekerjaan rehabilitasi berat itu telah selesai 100 persen dan ruang kelas yang dibangun sudah bisa digunakan,” kata Kepala SDN Ciawet, Suyandi, S.Pd. yang biasa disapa Wandi ketika dihubungi wartawan, Senin (7/10/2019).

Besar DAK yang diterima SDN Ciawet itu, ujar Wandi, mencapai Rp323.131.600. Semua dana dari APBN tersebut dialokasikan untuk memperbaiki tiga ruang kelas yang kondisinya rusak berat. Sekarang, ketiga ruang kelas itu, kata dia, benar-benar representatif sebagai tempat belajar yang aman dan nyaman.

“Kegiatan rehab ini dilaksanakan secara swakelola oleh panitia yang dibentuk berdasarkan hasil musyawarah komite sekolah,” jelas dia.

Dalam melaksanakan kegiatan rehabilitasi berat itu, lanjut Wandi, panitia mengutamakan kualitas pekerjaan agar hasilnya sesuai dengan petunjuk teknis dari pemerintah.

Selain itu, SDN Ciawet juga melaksanakan pemagaran sepanjang kurang lebih 40 meter dari hasil kerja keras komite sekolah dan peran serta masyarakat.

Untuk bantuan yang diterimanya, atas nama keluarga besar SDN Ciawet, Wandi menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sukabumi, Pemprov Jabar, dan pemerintah pusat. Dia yakin, bantuan yang diterimanya itu dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut.

SDN Ciawet memiliki 156 siswa dengan jumlah guru 8 orang, 3 di antarnya berstatus PNS. Fasilitas pendukungnya tergolong lengkap. Sekolah ini memiliki 6 ruang kelas, 1  ruang guru dengan fasilitas penunjang berupa 1 unit toilet berukuran 2 x 2 meterpersegi. (*)

Kepala SDN Ciawet, Suyandi, S.Pd. (kelima dari kiri) bersama para guru yang mengabdi di sekolah tersebut.  

Print Friendly, PDF & Email