Disnakertrans Gelar Pembekalan TKM Bisnis Belut di Curugkembar

oleh -
Pembukaan kegiatan pembekalan bagi TKM usaha budi daya belut di Curugkembar dihadiri para pejabat daerah dan wilayah yang duduk dari kiri ke kanan Dadang Tapiana (Kasi Perluasan Tenaga Kerja), Khusyairin (Kabid Penempatan Tenaga Kerja), Hudin Sutardi (Sekcam Curugkembar), Nuralam Priatma (Kasi Pemberdayaan Kecamatan Curugkembar), dan Ahmad Nuralam (Kasi Pemberdayaan Desa Curugkembar).

Wartawan Usep Mulyana

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi menggelar pembekalan TKM (tenaga kerja mandiri) bidang usaha belut di Desa Curugkembar, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi, Senin (7/10/2019). Pada kegiatan itu, Disnakertrans menghadirkan warga yang sehari-hari menggeluti usaha budidaya belut.

banner 970x90

“Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para peternak belut dengan pengetahuan tentang manajemen promosi dan pemasaran agar usaha mereka berkembang dan menjadi lebih maju,” kata Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Khusyairin setelah membuka kegiatan pembekalan.

Usaha budi daya belut, ujar Khusyairin, memiliki prospek yang cukup bagus sebagai lahan usaha untuk meningkatkan penghasilan keluarga. Belut juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi karena kandungan gizinya yang mendukung kesehatan tubuh.

“Budi daya belut sangat simpel dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Peternak cukup membuat habitat yang cocok bagi belut yakni tanah berlumpur dengan air yang cukup dan suhu rendah,” jelas dia. 

Khusyairin berharap kepada TKM Desa Curugkembar dapat membentuk tunas-tunas baru dalam upaya pengembangan usaha di bidang budi daya belut. Inti kegiatan yang digelarnya, ujar dia, bertujuan untuk menciptakan wirausahawan baru agar muncul pelaku-pelaku usaha di bidang ini yang ulet, produktif, dan handal. 

“Bagian terpenting dalam usaha ini adalah pengembangannya bukan pada kuantitas produksi. TKM diarahkan untuk mampu menembus pasar lokal, regional, nasional, dan pasar ekspor,” ujar dia.

Ditemui di tempat yang sama, Sekretaris Kantor Kecamatan Curugkembar, Hudin Sutardi menyampaikan ajakan kepada para peserta pembekalan untuk serius menyimak materi yang disampaikan oleh para narasumber. Dia menyatakan, TKM Desa Curugkembar patut bersyukur diberi kesempatan untuk mengikuti pembekalan tersebut.

“Maka, dalam waktu 3 hari ini  optimalkan waktu dan kesempatan untuk menggali pengetahuan tentang tata cara pengembangan usaha budi daya belut,” katanya. (*)

Print Friendly, PDF & Email